APLIKASI PENDATAAN BANTUAN REHABILITASI SOSIAL RUMAH TIDAK LAYAK HUNI (RS-RTLH) BERBASIS WEB DI KANTOR DINAS SOSIAL KABUPATEN TAPIN

Harisah, Harisah (2023) APLIKASI PENDATAAN BANTUAN REHABILITASI SOSIAL RUMAH TIDAK LAYAK HUNI (RS-RTLH) BERBASIS WEB DI KANTOR DINAS SOSIAL KABUPATEN TAPIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Lembar Pengesahan Harisah.pdf

Download (69kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI [HARISAH].pdf

Download (142kB)
[img] Text
Artikel Harisah_removed_removed.pdf

Download (326kB)

Abstract

Dinas Sosial Kabupaten Tapin adalah instansi pemerintahan yang bergerak di bidang sosial yang terbagi menjadi 3 Bidang yaitu : Perlindungan Jaminan Sosial, Rehabilitas Sosial, dan Pemberdayaan Sosial. Perlindungan Jaminan Sosial mencakup beberapa program kegiatan sosial antara lain Program Keluarga Harapan (PKH), Taruna Siaga Bencana (TAGANA), Bantuan Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layah Huni (RS-RTLH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Program Sembako dari Kementerian Sosial. Oleh karena itu, Dinas Sosial Kabupaten Tapin, khususnya pada pendataan bantuan rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni membutuhkan program aplikasi yang dapat melakukan pendataan bantuan rehabilitasi sosial. aplikasi pengelolaan pendataan bantuan rehabilitasi sosial dibuat menggunakan metode penelitian deskriptif dengan studi kasus pada kantor Dinas Sosial Kabupaten Tapin. Dimana teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan mempelajari literatur. Metode analisis dan perancangan yang digunakan dalam pembuatan sistem sebagai model proses menggunakan UML dan ERD sebagai model data. Dalam mengembangkan aplikasi, website ini menggunakan PHP pemrograman, database MySQL dan metode siklus aplikasi klasik yang disebut waterfall dengan 5 (lima) tahapan. Ini termasuk Analisis, Desain, Coding, Pengujian dan Pemeliharaan. Dengan program aplikasi pendataan bantuan rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni (RS-RTLH) berbasis web di kantor Dinas Sosial Kabupaten Tapin yang aplikasinya bersangkutan dengan kegiatan pengolahan data pengelolaan informasi dapat terjaga, karena aplikasi ini adalah penyederhanaan bentuk dokumen atau media pengarsipan manual dan dilengkapi dengan password, kebutuhan untuk meningkatkan kontrol dan keamanan data terjamin karena tidak semua orang memiliki hak untuk mengakses data atau mengubah data.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rehabilitasi Sosial, Pemberdayaan Sosial, RS-RTLH, BPNT
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Harisah
Date Deposited: 03 Jun 2023 02:09
Last Modified: 03 Jun 2023 02:09
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16648

Actions (login required)

View Item View Item