APLIKASI HAZARD REPORTING SYSTEM GREEN CARD DENGAN EMAIL GATEWAY DAN NOTIFIKASI TELEGRAM BOT BERBASIS WEB PADA PT. SEBUKU TANJUNG COAL

Prianda, Muhammad Arya (2023) APLIKASI HAZARD REPORTING SYSTEM GREEN CARD DENGAN EMAIL GATEWAY DAN NOTIFIKASI TELEGRAM BOT BERBASIS WEB PADA PT. SEBUKU TANJUNG COAL. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (71kB)
[img] Text
Keaslian Skripsi.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Artikel _removed.pdf

Download (16kB)

Abstract

PT Sebuku Tanjung Coal adalah perusahaan pertambangan batubara dibawah naungan Sebuku Coal Group di Selaru, Kec. Pulau Laut Tengah, Kab. Kotabaru, Kalimantan Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pelaporan hazard yang masih kurang maksimal karena tidak bisa mengelola data seacara otomatis dan tidak ada pelaporan dalam bentuk gambar oleh sistem. Metode penelitian yang digunakan untuk megumpulkan data dalam penelitian ini yaitu studi wawancara, studi pustaka, studi dokumentasi. Metode pengembangan sistem yang digunakan untuk mengembangkan sistem yang dibuat menggunakan agile software development methods, dengan menggunakan model scrum. Penelitian dan pengembangan sistem menghasilkan aplikasi berbasis web yang digunakan untuk melakukan pelaporan hazard dengan memiliki fitur multi user, upload gambar, export data berformat excel dan notifikasi email dan telegram menggunakan bot. Penerapan agile development methods (model scrum) bersifat iteratif, cepat, adaptif, dan membuat pengguna tetap t erlibat dalam aktivitas. Dengan menggunakan aplikasi berbasis web yang dihasilkan para pengguna dapat mengetahui informasi mengenai pelaporan dan status dari laporan dengan mudah. Masih banyak yang bisa dikembangkan dari penelitian ini seperti dalam melakukan input data area sebaiknya dibuat fitur untuk mengambil lokasi berdasarkan kordinat lokasi peta agar data lebih akurat lagi tanpa harus menggunakan form area spesifik. Untuk bot telegram bisa ditambahkan fitur web hook agar dapat melihat data laporan terbaru tanpa harus masuk sistem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tambang, Hazard, Keselamatan, Sistem Pelaporan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Muhammad Arya Prianda
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:20
Last Modified: 05 Jun 2023 03:20
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16658

Actions (login required)

View Item View Item