FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERAN SERTA MASYARAKAT (PSM) DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KELURAHAN MARABAHAN KOTA KECAMATAN MARABAHAN KABUPATEN BARITO KUALA

ARNIAH, ARNIAH (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERAN SERTA MASYARAKAT (PSM) DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KELURAHAN MARABAHAN KOTA KECAMATAN MARABAHAN KABUPATEN BARITO KUALA. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
File Abstrak Arniah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi Arniah.pdf

Download (350kB)
[img] Text
Keaslian Penelitian Arniah.pdf

Download (460kB)

Abstract

Peran serta masyarakat pada pengelolaan sampah rumah tangga harus mempertimbangkan permasalahan yang ditimbulkan oleh sampah rumah tangga yang tidak dapat dibuang dengan baik dan berdampak pada kesehatan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan Peran Serta Masyarakat (PSM) dalam pengelolaan sampah rumah tangga di Kel. marabahan kota Kec. marabahan Kab. barito kuala. Jenis penelitian yakni penelitian survei analitik dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional populasi dalam penelitian ini sebanyak 8.348 berdasarkan kepala keluarga. Sampel dalam penelitian ini yaitu ibu rumah tangga yang tinggal di Kel. marabahan Kota Kec. marabahan Kab. Barito Kuala. Sampel yang di ambil penulis berjumlah 100 responden dengan menggunakan Random Sampling, Instrument peneliti menggunakan Kuisoner. Analisis data menggunkan data Uji Chi Square dengan tingkat kepercayaan α=0,05 hasil penelitian menunjukan sebagian besar responden peran serta masyrakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga 100 responden (100% ) sebagian besar berpengetahuan baik sebanyak 63 orang (63,0%), sebagian besar pendidikan tinggi sebanyak 76 orang (76,0%) sebagian status pekerjaan berstatus tidak bekerja 67 orang (67,0%). Hasil menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan (p value = 0.000 < α0,05) dengan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga. Dan ada hubungan antara pendidikan (p value = 0.001 < α0,05) dengan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga. Dan hubungan antara status pekerjaan (p value = 0.043 < α0,05) dengan peran serta masyarakat dalam pengelolaaan sampah rumah tangga. Diharapkan dapat lebih aktif lagi dalam peran serta pengelolaan sampah rumah tangga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan sampah (PSM), pengetaahuan, pendidikan, status pekerjaan.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
R Medicine > R Medicine (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Arniah
Date Deposited: 10 Jun 2023 01:56
Last Modified: 10 Jun 2023 01:56
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16761

Actions (login required)

View Item View Item