PENGARUH MODEL POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 MARTAPURA PADA MATERI KONSEP MOL

ZAHRO, HILYATI (2023) PENGARUH MODEL POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 MARTAPURA PADA MATERI KONSEP MOL. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
CamScanner 13-06-2023 14.16.pdf

Download (262kB)
[img] Text
CamScanner 13-06-2023 14.16 (1).pdf

Download (235kB)
[img] Text
PDF Judul skripsi.pdf

Download (148kB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan yang membutuhkan kemampuan kognitif, analisis, rasional, logis, dan mengajak siswa untuk berpikir terhadap permasalahan. Akan tetapi kemampuan berpikir kritis siswa SMKN 1 Martapura masih tergolong rendah dengan ditandainya hasil belajar siswa pada materi konsep mol masih rendah, hal ini berdasarkan hasil pretest dan wawancara langsung dengan guru kimia SMK Negeri 1 Martapura. Pembelajaran kimia oleh Guru Kimia SMKN 1 Martapura masih menggunakan model pembelajaran secara langsung sehingga saat belajar konsep mol siswa kesulitan dalam perhitungan kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah adanya pengaruh Model Pogil (Process Oriented Guided Inquiry Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Mol . Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttes. Keseluruhan sampel pada penelitian ini adalah 66 siswa berasal dari 2 kelas yang masing-masing berjumlah 33 siswa dan dipilih teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Analisis data yang digunakan adalah uji Mann-U Whitney.Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) terhadap kemampuan berpikirkritis dan hasil belajar siswa pada materi konsep mol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, POGIL, Konsep mol
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 13 Jun 2023 06:25
Last Modified: 13 Jun 2023 06:25
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16819

Actions (login required)

View Item View Item