PELAKSANAAN PERATURAN DISIPLIN PEGAWAI NEGERI SIPIL DI KANTOR PENGADILAN TINGGI BANJARMASIN ( Studi Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 dan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 7 Tahun 2016 )

BASIR, FAISAL (2023) PELAKSANAAN PERATURAN DISIPLIN PEGAWAI NEGERI SIPIL DI KANTOR PENGADILAN TINGGI BANJARMASIN ( Studi Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 dan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 7 Tahun 2016 ). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
JUDUL SKRIPSI, INDENTITAS, ABSTRAK DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
PENYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (60kB)

Abstract

Di era sekarang ini, sungguh ironis dikarenakan meskipun sudah ada peraturan perundang-undangan yang mengatur secara khusus mengenai Kode Etik PNS maupun mengenai Hak dan Kewajibannya, PNS yang berdaya guna dan efektif masih sangat jauh dari harapan. Banyaknya keluhan yang datang dari masyarakat menunjukkan masih adanya berbagai keterbatasan pada aparatur pemerintahan ini. Sering terdengar keluhan masyarakat terutama tentang pelayanan para aparat pemerintahan. Berbagai keluhan akan kelambatan pelayanan tersebut tidak saja disebabkan oleh kuantitas maupun kualitas aparatur, tetapi juga dapat disebabkan karena masalah kedisiplinan Penelitian ini difokuskan pada dua rumusan masalah, yaitu Bagaimana Kedisiplinan jam kerja Pegawai Negeri Sipil di Kantor Pengadilan Tinggi Banjarmasin dan bagaimana Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan disiplin Pegawai Negeri Sipil di Kantor Pengadilan Tinggi Banjarmasin. Jenis Penelitian ini merupakan Jenis penelitian empiris, yaitu Penelitian dengan adanya data-data dilapangan sebagai sumber data utama, seperti hasil wawancara dan observasi. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang kemudian diolah dengan teknik editing, klarisifikasi dan intepretasi data. Data-data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif secara induktif. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil sudah dilaksanakan sejak pelaksanaan peraturan tersebut diberlakukan. Peraturan Pemerintah ini sangat membantu dalam peningkatan kinerja yang efektif dan efisien walaupun dalam penerapannya masih ada beberapa pegawai yang melanggar peraturan pemerintah ini. Para Pegawai Negeri Sipil di Kantor Pengadilan Tinggi Banjarmasin masih ada yang melanggar disiplin jam kerja, padahal ketentuan jam kerja ini sudah terperinci di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021. Faktor yang mendasari pelanggaran disiplin ini adalah masih rendahnya kesadaran dari Pegawai Negeri Sipil itu sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Peraturan, disiplin, Pegawai Negeri Sipil, Pengadilan Tinggi Banjarmasin.
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Faisal Basir
Date Deposited: 17 Jun 2023 03:27
Last Modified: 17 Jun 2023 03:27
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16823

Actions (login required)

View Item View Item