PEMANFAATAN CAMERA THERMAL SEBAGAI PENDETEKSI SUHU TUBUH PADA MANUSIA DI KANTOR BALAI MONITOR SPEKTRUM FREKUENSI RADIO KELAS II PALANGKARAYA

Purba, Azwari (2023) PEMANFAATAN CAMERA THERMAL SEBAGAI PENDETEKSI SUHU TUBUH PADA MANUSIA DI KANTOR BALAI MONITOR SPEKTRUM FREKUENSI RADIO KELAS II PALANGKARAYA. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pernyataan.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ilovepdf_merged (2).pdf

Download (86kB)

Abstract

Pemanfaatan kamera thermal di area public seperti bandara, stasiun, rumah sakit, perkantoran dan sebagainya dapat dijadikan sebagai langkah awal untuk mencegah penyebaran virus covid-19 pada saat pandemi ini yang sudah menelan banyak korban jiwa. Karena salah satu gejala awal infeksi virus covid-19 ini yakni demam dimana suhu tubuh manusia dapat mencapai suhu diatas 38 derajat celcius. Thermal imaging merupakan teknologi yang digunakan dengan memanfaatkan pancaran panas yang dikeluarkan atau dihasilkan oleh suatu objek dalam hal ini manusia. Pemanfaatan teknologi thermal image camera dalam pengolahan citra merupakan salah satu perkembangan teknologi khususnya dalam bidang thermography. Pemanfaatan kamera thermal pada Kantor Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Palangkaraya menggunakan Thermal camera Hti HT-02. Thermal Imaging yang dilengkapi dengan camera infrared thermometer dengan range temperature -20°C - 300°C yang thermal sensitifitasnya sebesar 0,15°C dan jarak focus terbaik dalam pembacaan sumber objeknya sejauh 0,5–1 meter. Kamera thermal mendeteksi suhu dengan mengenali dan menangkap berbagai tingkat cahaya inframerah. Cahaya ini tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, tetapi dapat dirasakan sebagai panas jika intensitasnya cukup tinggi. Semakin panas objek, maka semakin banyak radiasi inframerah yang dihasilkannya. Kamera thermal dapat melihat radiasi ini dan mengubahnya menjadi gambar yang kemudian dapat kita lihat dilayar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kamera Thermal
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Depositing User: Azwari Purba
Date Deposited: 24 Jun 2023 03:07
Last Modified: 24 Jun 2023 03:07
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/16902

Actions (login required)

View Item View Item