ANALISA KOMPILASI HUKUM EKONOMI SYARIAH DALAM PENCANTUMAN KLAUSULA BAKU TENTANG AKAD AL MUSYARAKAH TERHADAP GUGATAN BANK BPD KALIMANTAN SELATAN SYARIAH (STUDI KASUS GUGATAN NO.317/PDT.G 2019)

Mida, Mira (2023) ANALISA KOMPILASI HUKUM EKONOMI SYARIAH DALAM PENCANTUMAN KLAUSULA BAKU TENTANG AKAD AL MUSYARAKAH TERHADAP GUGATAN BANK BPD KALIMANTAN SELATAN SYARIAH (STUDI KASUS GUGATAN NO.317/PDT.G 2019). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (133kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (126kB)
[img] Text
ARTIKEL Miramida_removed.pdf

Download (220kB)

Abstract

Sebenarnya yang terpenting dalam sebuah hutang piutang adalah dari segi Akad Al Musyarakah adalah akad bagi hasil antara konsumen dan pelaku usaha harus sesuai dengan dengan hukum syariah yang sesui dengan tata cara perjanjian akad tersebut sesuai degan fatwa DSN No. 08/DSN-MUI/IV/2000 tentang akad Al musyarakah. Berdasarkan akad kerjasama antara dua pihak atau lebih untuk suatu usaha tertentu, masing-masing pihak memberikan kontribusi dana dengan ketentuan bahwa keuntungan dan resiko akan ditanggung bersama sesuai dengan kesepakatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui Praktek kontrak baku tentang akad Al Musyarakah. Tinjauan dari hukum ekonomi syariah tentang kontrak baku yang diterapkan dalam perjanjian antar pihak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan (Library Research) dengan tipe deskriptif normative. Sumber data dalam penelitian yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu Dokumentasi (kajian pustaka). Analisis data menggunakan metode deskriptif tentang bagaimana masalah yang berhubungan dengan tinjauan hukum Islam terhadap pencantuman klausula baku tentang akad Al Musyarakah terhadap gugatan Bank BPD Kalimantan Selatan Syariah (Studi Kasus GUGATAN NO.317/PDT.G 2019). Analisis data menggunakan Hukum Islam terutama yang berkenaan dari kompilasi hukum ekonomi syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Praktek kontrak baku tentang akad Al Musyarakah yang dilakukan sudah sesuai dengan isi perjanjian. Namun permasalahan yang terjadi bahwa bentuk pelunasan yang telah dilakukan oleh nasabah kepada pihak bank sehingga terjadi kesalahpahaman dalam bentuk pembayaran tersebut. sementara pihak yang digugat oleh bank sudah melaksanakan kewajibannya, sebaliknya pihak Bank BPD kurang memperhatikan nasabahnya sehingga terjadi kesalahpahaman tersebut dan terjadinya masalah gugatan dalam pembayaran. Tinjauan dari hukum ekonomi syariah tentang kontrak baku secara hukum ekonomi syariah bahwa Akad pembiayaan musyarakah di Bank BPD Cabang Syariah Banjarmasin tidak terdapat klausul pembagian kerugian. Satu hal lagi pelaksanaan akad pembiayaan musyarakah tidak sesuai dengan fatwa MUI nomor 08/DSN-MUI/IV/2000 tentang pembiayaan musyarakah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah, Klausula Baku, Akad Al Musyarakah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 10 Jul 2023 01:51
Last Modified: 10 Jul 2023 01:51
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17005

Actions (login required)

View Item View Item