Faktor-faktor yang berhubungan dengan keikutsertaan masyarakat dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional Mandiri di Wilayah Kerja Puskesmas Landasan Ulin Utara Tahun 2020

veri setia putri, Oky lelani (2023) Faktor-faktor yang berhubungan dengan keikutsertaan masyarakat dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional Mandiri di Wilayah Kerja Puskesmas Landasan Ulin Utara Tahun 2020. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Pengesahan skripsi .pdf

Download (2MB)
[img] Text
pernyataan keaslian skripsi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK (2).pdf

Download (16kB)

Abstract

Upaya pemberian jaminan kesehatan bagi penduduk juga dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Hal ini berdasarkan Perpres No. 12 tahun 2013 pasal 6 ayat (1) tentang Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang berbunyi kepesertaan Jaminan Kesehatan bersifat wajib dan mencakup seluruh penduduk Indonesia dan target Universal Health Coverage (UHC) tahun 2019 seluruh rakyat Indonesia telah terdaftar menjadi anggota BPJS Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Keikutsertaan Masyarakat Dalam Program Jkn Mandiri Diwilayah Kerja Puskesmas Landasan Ulin Utara Tahun 2020. Metode penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional, teknik pengambilan sampel penelitian yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel 96 orang. Berdasarkan hasil hipotesis yang dilakukan, ada hubungan antara pengetahuan dengan keikutsertaan masyarakat dalam program JKN Mandiri (p=0,007), ada hubungan antara sikap dengan keikutsertaan masyarakat dalam program JKN Mandiri (p=0,000), ada hubungan antara informasi yang diperoleh dengan keikutsertaan masyarakat dalam program JKN Mandiri (p=0,000), ada hubungan antara dukungan keluarga dengan keikutsertaan masyarakat dalam program JKN Mandiri (p=0,000), ada hubungan antara penghasilan dengan keikutsertaan masyarakat dalam program JKN Mandiri (p=0,000). Agar dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanannya yang diwujudkan dan menyediakan fasilitas-fasilitas uang lebi baik lagi untuk kenyamanan peserta serta kebih meningkatkan lagi pelayanan kesehatan. Sehingga dengan dipertahankan dan ditingkatkannya pelayanan yang diberukan akan meingkatkan keikutsertaan masyarakat menjadi peserta JKN Mandiri. KEYWORD : JKN Mandiri, Pengetahuan, Sikap, Informasi, Dukungan Keluarga, Pendapatan KEPUSTAKAAN : 10 (2004-2014)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: JKN Mandiri, Pengetahuan, Sikap, Informasi, Dukungan Keluarga, Pendapatan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Depositing User: Oky Lelani Veri Setia Putri
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:04
Last Modified: 12 Jul 2023 03:04
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17021

Actions (login required)

View Item View Item