PENEGAKAN TERTIB SUSILA (ANALISIS TERHADAP PERATURAN DAERAHKABUPATEN BANJAR NOMOR 10 TAHUN 2007 TENTANG KETERTIBAN SOSIAL)

Istighfara, Shila Dzikrina (2023) PENEGAKAN TERTIB SUSILA (ANALISIS TERHADAP PERATURAN DAERAHKABUPATEN BANJAR NOMOR 10 TAHUN 2007 TENTANG KETERTIBAN SOSIAL). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ARTIKEL SHILA DZIKRINA ISTIGHFARA.pdf

Download (224kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (195kB)
[img] Text
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (170kB)

Abstract

Berdasarkan data tingkat pelanggaran asusila di Kabupaten Banjar cukup banyak, mulai dari di kos- kosan sampai pada hotel maupun villa. Sebagai daerah yang agamis, dimana nilai-nilai ke Islaman masih di junjung tinggi masyarakat Kabupaten Banjar, maka dalam mewujudkan kesejahteraan sosial tetap berlandaskan pada nilai-nilai keIslaman sebagai nilai-nilai yang telah mengakar dalam jiwa serta memberikan keyakinan kepada masyarakat Kabupaten Banjar. Dari segi geografis ada 2 Kecamatan yang berbatasan langsung dengan Ibukota Provinsi yaitu Kecamatan Kertak Hanyar dan Kecamatan Gambut yang merupakan jalur utama kegiatan-kegiatan yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan dimana para pengusaha, pekerja dan juga pelancong banyak melewati 2 Kecamatan tersebut, sehingga mempunyai banyak penginapan maupun hotel. Dilihat dari Data Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Banjar jumlah kasus pelanggaran dari tahun 2016 - 2021 telah mengalami naik turun. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis sosiologis, yang bersifat deskriptif, dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh akan dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa mekanisme penegakan tertib susila berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Banjar Nomor 10 Tahun 2007 tentang Ketertiban Sosial sudah sesuai dengan SOP yang berlaku. Dan Peraturan Daerah ini belum dikatakan efektif dalam artian memberikan efek jera terhadap pelanggar serta, terdapat hambatan yang membuat Peraturan Daerah ini belum efektif sepenuhnya dalam hal menegakkan tertib susila.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ketertiban Sosial, Susila, Peraturan Daerah
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Shila Dzikrina Istighfara
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:23
Last Modified: 03 Aug 2023 02:23
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17084

Actions (login required)

View Item View Item