HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU, SIKAP DAN POLA ASUH TERHADAP KEJADIAN STUNTING DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUNGAI ANDAI TAHUN 2023

Fitri, Yenni (2023) HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU, SIKAP DAN POLA ASUH TERHADAP KEJADIAN STUNTING DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUNGAI ANDAI TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Lembar pengesahan Yenni Fitri.pdf

Download (243kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Yenni Fitri.pdf

Download (260kB)
[img] Text
Artikel Yenni Fitri.pdf

Download (136kB)

Abstract

Stunting merupakan suatu kondisi kekurangan gizi kronis yang di tandai dengan tubuh pendek, Puskesmas Sungai Andai merupakan puskesmas dengan kasus stunting yang tinggi dimana tinggi badan menurut umur berada di bawah minus 2 Standar Deviasi (<-2SD) dari standar median WHO. Data tahun 2022 prevelensi stunting di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Andai sebanyak 211 kasus (10,6%). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu, sikap dan pola asuh terhadap kejadian stunting di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Andai tahun 2023. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Cross Sectional. Sampel dipilih menggunakaan teknik total sampling melibatkan 95 ibu balita. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang sudah teruji validitas serta reliabilitasnya dan dibagikan langsung kepada responden. Analisis data untuk melihat hubungan antara variabel dengan analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian di dapat anak balita yang stunting ada 40 orang (42,1 %) menunjukkan bahwa secara statistik terdapat hubungan antara pengetahuan ibu terhadap kejadian stunting (p-value = 0,000), terdapat hubungan antara sikap terhadap kejadian stunting (p-value = 0,000), dan terdapat hubungan antara pola asuh terhadap kejadian stunting (p-value = 0,000). Disarankan untuk tenaga kesehatan dapat memberikan pendidikan Kesehatan dengan metode yang berbeda untuk meningkatkan pengetahuan ibu, sikap dan pola asuh tentang stunting.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Stunting, Pengetahuan, Sikap, Pola Asuh
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Depositing User: Yenni Fitri
Date Deposited: 20 Feb 2024 05:41
Last Modified: 20 Feb 2024 05:41
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17099

Actions (login required)

View Item View Item