ANALISIS PENGUJIAN PEMUTUS TENAGA CIRCUIT BREAKER 6.9 kV DALAM OUTAGE CLASS P TAHUN 2020 UNIT 2 TANJUNG POWER INDONESIA

PERMANA, YOGI RIDHA (2023) ANALISIS PENGUJIAN PEMUTUS TENAGA CIRCUIT BREAKER 6.9 kV DALAM OUTAGE CLASS P TAHUN 2020 UNIT 2 TANJUNG POWER INDONESIA. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
file pdf abstrak.pdf

Download (76kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (413kB)
[img] Text
pengesahan skripsi stempel.pdf

Download (542kB)

Abstract

Circuit Breaker (CB) atau Pemutus Tenaga (PMT) adalah peralatan pemutus atau proteksi yang berfungsi untuk memutus rangkaian listrik dalam keadaan berbeban. Rancang bangun kelistrikan di pembangkitan memiliki komponen - komponen pendukung dalam operasinya. Agar terus menjaga kemampuan dan kehandalan peralatan tersebut, dibutuhkan pemeliharaan berkala atau periodik. Pemasangan proteksi pada rancang bangun kelistrikan yaitu circuit breaker bertujuan untuk menghilangkan dan mengurangi kerusakan pada komponen - komponen pembangkit yang jika terjadi bisa mengakibatkan gangguan penyaluran sumber daya listrik ke konsumen. Penelitian ini dimaksudkan guna menganalisa kinerja dan kehandalan circuit breaker ketika melakukan perawatan rutin yang terjadwal. Penelitian yang dilakukan digunakan juga untuk mengetahui dan memahami prinsip atau dasar kerja PMT 6.9 kV, macam – macam pengujian dan perawatan Circuit Breaker PMT dan mendapatkan jawaban dalam kehandalan serta kelayakan dari pemutus tenaga (PMT). Dalam penelitian ini penulis memakai analisis data pemeliharaan CB 6,9 kV pemutus tenaga (PMT) pada periode pemeliharaan outage class P tahun 2020. Penelitian dilakukan pada PMT 6,9 kV antara lain: pengujian terhadap tahanan isolasi, tahanan kontak antar fasa dan keserempakan waktu kontak CB. Tujuan dari Outage ini agar mengetahui kondisi proteksi apakah masih layak beroperasi atau tidaknya pemutus tenaga (PMT) 6,9 kV Tanjung Power Indonesia. Dari ketiga pengujian didapatkan hasil yang memuaskan karena semua nilai dari pengujian masih sesuai dengan nilai acuan pabrik. Hasil pengujian tahanan isolasi masih ≥ 2000 MΩ, Pengujian tahanan kontak didapatkan hasil ≤ 66 µΩ, Sedangkan uji keserempakan waktu mendapatkan hasil ≤ 60 ms untuk close dan ≤ 40 ms untuk open. PMT masih sangat layak untuk diopersikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Circuit Breaker dan Pemutus Tenaga (CB PMT), tahanan pentanahan, tahanan isolasi, tahanan kontak, keserempakan waktu kontak
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 26 Aug 2023 01:07
Last Modified: 26 Aug 2023 01:07
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17107

Actions (login required)

View Item View Item