ANALISIS YURIDIS TENTANG TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA TERHADAP WANITA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2004 TENTANG PENGHAPUSAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA

INDRIANI, BELLA (2023) ANALISIS YURIDIS TENTANG TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA TERHADAP WANITA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2004 TENTANG PENGHAPUSAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Bella Indriani_CovAbsDaf.pdf

Download (241kB)
[img] Text
Bella Indriani Orisinalitas.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Bella Indriani Pengesahan.pdf

Download (113kB)

Abstract

Konflik permasalahan Kekerasan dalam rumah tangga sering terjadi karena adanya kesalahpahaman antara suami dan istri. Dimana seorang perempuan harus tunduk kepada laki laki, ini yang mengakibatkan terjadinya kekerasan dalam rumah tangga. Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang sering terjadi ditengah masyarakat sangat memprihatinkan. Banyak dijumpai dan dilihat dalam masyarakat lingkungan tempat tinggal kita ataupun dapat kita baca di media cetak atau media elektronik, yang sering menjadi korban dari kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) tersebut adalah istri/ perempuan. Bahwa wanita sering kali dianggap makluk yang paling lemah. Penelitian ini di fokuskan pada dua rumusan masalah, yaitu bentuk perlindungan hukum terhadaap wanita sebagai korban kekerasan dalam rumah tangga berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2004 dan bentuk tanggung jawab pidana bagi pelaku kekerasan dalam rumah tangga berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2004. Penelitian ini menggunakan metode metode penelitian hukum normatif yaitu metode penelitian kepustakaan (Library Research). Metode penelitian hukum normatif atau metode penelitian hukum kepustakaan merupakan metode atau cara yang dipergunakan di dalam penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka yang ada. Dari penelitian ini di peroleh hasil bahwa perlindungan hukum terhadaap wanita sebagai korban kekerasan dalam rumah tangga berdasarkan Undang�Undang Nomor 23 tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga korban kejahatan memerlukan perlindungan secara eksplisit dirumuskan di dalam Pasal 285, 286, 287, 288, dan 297 dimasukan ke dalam Bab XIV. Dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2004,Untuk perumusan tindak pidana kekerasan fisik yang ditentukan dalam Pasal 44 UUPKDRT, sebetulnya dapat dikatagorikan ke dalam tindak pidana penganiayaan pasal 351 dan Pasal 356 KUHP Sedangkan tindak pidana psikis yang diatur dalam Pasal 45 UUPKDRT dan bentuk tanggung jawab pidana bagi pelaku kekerasan dalam rumah tangga berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2004 dalam pasal 44 ayat (1) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Pemerintah bertanggung jawab apanbila pelaku terbukti melakukan tindak pidana terhadap wanita 2 terdapat dalam Pasal 44 ayat (1) UU Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Wanita Korban Undang-Undang KDRT
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Bella Indriani
Date Deposited: 25 Jul 2023 05:15
Last Modified: 25 Jul 2023 05:15
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17117

Actions (login required)

View Item View Item