ANALISA YURIDIS CALON TUNGGAL PILKADA LANGSUNG DALAM IMPLEMENTASI DEMOKRASI DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH

Putri, Kiki Atika (2023) ANALISA YURIDIS CALON TUNGGAL PILKADA LANGSUNG DALAM IMPLEMENTASI DEMOKRASI DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (769kB)
[img] Text
Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (889kB)
[img] Text
ARTIKEL FIX KIKI BARU_removed.pdf

Download (218kB)

Abstract

Indonesia sebagai negara demokrasi menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah guna memperolah pemimpin daerah yang dapat melaksanakan kehendak rakyat disetiap daerah. Fokus utama penelitian Pengaturan Calon Tunggal dan Konsekuensi Yuridis calon tunggal dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 dan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati Dan Walikota Menjadi Undang-Undang. Penelitian ini merupakan penelitian Hukum Normatif. Pendekatan Perundang-Undangan dan Pendekatan Kasus. Sumber data penelitian ialah menggunakan data penelitian sekunder. Teknik pegumpulan data ialah Studi Kepustakaaan. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan metode Analisis Kualitatif, selanjutnya data diuraikan secara Deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa persyaratan dengan ketentuan pada Undang- Undang Pemilihan Kepala Daerah dinilai mengakibatkan bakal pasangan calon tidak dapat memenuhi persyaratan tidak dapat maju menjadi calon pasangan dalam Pemilihan Kepala Daerah. Sehingga menjadi sebab terjadinya calon tunggal dalam Pemilihan Kepala Daerah. Konsekuensi Yuridis adanya Calon Tunggal dalam Pemilihan Kepala Daerah adalah apabila kotak kosong menjadi lawan calon tunggal dalam Pemilihan Kepala Daerah tersebut menang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Calon Tunggal;Kotak Kosong, Pemilihan Kepala Daerah.
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Kiki Atika Putri
Date Deposited: 08 Aug 2023 05:03
Last Modified: 08 Aug 2023 05:03
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17121

Actions (login required)

View Item View Item