Efektivitas Realisasi Hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) di Kecamatan Banjarmasin Barat (Studi Kasus di Kelurahan Pelambuan)

Putri, Andini Farika (2023) Efektivitas Realisasi Hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) di Kecamatan Banjarmasin Barat (Studi Kasus di Kelurahan Pelambuan). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
repository.pdf

Download (151kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (213kB)
[img] Text
surat pernyataan keaslian.pdf

Download (203kB)

Abstract

Andini Farika Putri, 19120222, Tahun 2023, “Efektivitas Realisasi Hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG di Kecamatan Banjarmasin Barat (Studi Kasus di Kelurahan Pelambuan)” Dibawah bimbingan H. M Sayuti Enggok, selaku dosen pembimbing I dan Sitna Hajar Malawat, Selaku Dosen Pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui saat pelaksanaaan Musrenbang, kendala yang dihadapi, dan bagaimana realisasi hasil dari rapat Musrenbang Kecamatan Banjarmasin Barat. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian berada di Kecamatan Banjarmasin Barat, Kelurahan Pelambuan. Data dikumpulkan melalui wawancara, informan dalam penelitian ini yaitu, Kepala Camat Banjarmasin Barat, Kepala Lurah Pelambuan, Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Banjarmasin Barat, dan Ketua RT setempat. Menggunakan teknik Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada Rakorbang tingkat Kelurahan bahwa Kelurahan Pelambuan mempunyai 34 usulan prioritas pembangunan sedangkan hasil dari Musrenbang Kecamatan Banjarmasin Barat hanya menerima 5 usulan prioritas pembangunan. Pelaksanaan Musrenbang di Kecamatan Banjarmasin Barat belum bisa dikatakan efektif karena masih ada usulan prioritas Musrenbang Kecamatan yang belum terlaksana sampai sekarang karena adanya misskomunikasi antara masyarakat dan penanggung jawab Musrenbang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Efektivitas , Realisasi, Musyawarah, Perencanaan, Pembangunan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JS Local government Municipal government
Depositing User: Andini Farika Putri
Date Deposited: 22 Apr 2024 03:48
Last Modified: 22 Apr 2024 03:48
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17156

Actions (login required)

View Item View Item