PENGEMBANGAN MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN YANABI KOTA BANJARMASIN

Yahya, Hasyim Bin Alwi Al Bin (2023) PENGEMBANGAN MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN YANABI KOTA BANJARMASIN. Masters thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ARTIKEL HASYIM EPRINTS.pdf

Download (78kB)
[img] Text
LEMBAR ORISINALITASI HASYIM.pdf

Download (208kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN HASYIM.pdf

Download (197kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Sejarah perkembangan pondok pesantren Yanabi Banjarmasin, 2) Manajemen Pendidikan pondok pesantren dengan relevansinya dengan era global. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus yang bersifat fenomenologis. Setting penenlitian ini berada di pondok pesantren Yanabi Banjarmasin dengan subjek penelitian pada Yayasan Pondok Pesantren Yanabi Banjarmasin. Sedangkan sebagai informannya adalah ketua yayasan, pengasuh, pengurus, ustadz, kepala sekolah, guru dan santri Pondok Pesantren Yanabi Banjarmasin. Adapun teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan tiga metode, yaitu pengamatan (observation), wawancara mendalam (indepth interview) dan dokumentasi (documentation). Teknik pengecekan keabsahan data yang dilakukan dengan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi data. Teknik analisis data dilakukan dengan cara penyajian data, reduksi data dan verifikasi untuk penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan beberapa penemuan: pertama, sejarah perkembangan pondok pesantren Yanabi Banjarmasin mulai dari pondok pesantren tasawuf, menghapal al Qur’ an dan mempelajari kitab kuning yang menggunakan sistem klasikal. Berkembang menjadi pondok pesantren yang mengelola dua jenis kurikulum pendidikan, yaitu kurikulum pendidikan pesantren dan kurikulum pendidikan formal, kurikulumnya bersifat integral yang artinya kegiatan-kegiatan yang dilakukan saling mendukung dan masih dalam satu rangkaian. Kedia, manajemen yang dikembangkan di pondok pesantren Yanabi Banjarmasin adalah sebagai berikut: 1) perencanaan yang meliputi visi, misi, tujuan, fungsi dan nilai-nilai yang harus dilaksanakan oleh santri; 2) pengorganisasian yang meliputi kurikulum pendidikan pesantren, kurikulum pendidikan formal dan pendidikan keterampilan yang berbasis IT dan berbahasa asing; 3) penerapan yang dilakukan dengan metode pengajaran pesantren dan metode pendidikan yang telah diterapkan pemerintah; dan 4) pengontrolan dilakukan untuk mengukur kemampuan penguasaan santri terhadap ilmu yang telah dipelajari. Ketiga, keberadaan kurikulum pondok pesantren dengan era global dapat dilihat dari dua jenis relevansi, yaitu relevansi akademik dan relevansi sosial. Relevansi akademik dapat dilihat dari adanya lembaga pendidikan formal, pelatihan kepemimpinan, organisasi, dan memberikan keterampilan berbahasa asing dan teknologi informasi. Adapun dari relevansi sosial dapat dilihat dari kiprah pondok pesantren dan kiprah para santri dan alumninya ditengah-tengah masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan, mutu pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Hasyim Bin Alwi Al Bin Yahya
Date Deposited: 31 Jul 2023 04:32
Last Modified: 31 Jul 2023 04:32
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17178

Actions (login required)

View Item View Item