FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PADA PUSKESMAS SEI HANYO DESA SEI HANYO KECAMATAN KAPUAS HULU KABUPATEN KAPUAS TAHUN 2022

Oktaristanti, Oktaristanti (2023) FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PADA PUSKESMAS SEI HANYO DESA SEI HANYO KECAMATAN KAPUAS HULU KABUPATEN KAPUAS TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (129kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (121kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Penelitian.pdf

Download (198kB)

Abstract

Ada beberapa aspek-aspek yang mempengaruhi perasaan puas pada seseorang yaitu sikap staf terhadap pasien, kualitas perawatan yang diterima oleh pasien, prosedur administrasi, waktu tunggu, fasilitas, hasil treatment atau perawatan yang diterima oleh pasien. Berdasarkan Laporan Tahunan Puskesmas Sei Hanyo tahun 2021-2022 mengalami penurunan jumlah kunjungan pasien rawat jalan. Pada tahun 2021 jumlah kunjungan pasien rawat jalan yaitu 75.624 atau sekitar 91% , sedangkan pada tahun 2022 jumlah pasien rawat jalan menurun menjadi 52.833 atau sekitar 63%. Berdasarkan hasil wawancara kepada pasien yang berkunjung ke Puskesmas Sei Hanyo pada Bulan November 2022 didapatkan bahwa dari 10 orang terdapat 6 orang menyatakan kurang puas terhadap pelayanan dari segi bukti nyata seperti kurangnya tempat duduk, tidak adanya microfon untuk memanggil pasien dan halaman belum menggunakan bata press serta dari 10 orang terdapat 7 orang mengatakan kurang puas dari segi ketanggapan seperti antrian diloket pendaftaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Sei Hanyo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Variabel independennya adalah kualitas pelayanan dan variabel dependennya adalah kepuasan pasien. Sampel penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling sebanyak 96 responden. Analisis data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan di Puskesmas Sei Hanyo sebesar 72,9%. Uji bivariat menunjukkan dari 5 dimensi kualitas pelayanan terdapat hubungan antara kepuasan pasien terhadap tangible (0,000), reliability (0,000), responsiveness (0,000), assurance (0,000) dan emphaty (0,000). Implikasi dari penelitian ini diharapkan pihak puskesmas agar selalu menjaga kualitas pelayanan yang diberikan kepada pasien, sesuai dengan dimensi dan indikator yang telah diteliti yaitu, tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Oktaristanti
Date Deposited: 03 Aug 2023 05:13
Last Modified: 03 Aug 2023 05:13
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17183

Actions (login required)

View Item View Item