HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DAN PERILAKU MEROKOK ANGGOTA KELUARGA DI DALAM RUMAH DENGAN KEJADIAN ISPA PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUNGAI ULIN KOTA BANJARBARU

RAFI'I, AHMAD (2023) HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DAN PERILAKU MEROKOK ANGGOTA KELUARGA DI DALAM RUMAH DENGAN KEJADIAN ISPA PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUNGAI ULIN KOTA BANJARBARU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Ahmad Rafi’i.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (121kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (84kB)

Abstract

Infeksi Saluran Pernfasan Akut (ISPA) merupakan penyakit yang sering terjadi pada anak maupun balita. Kejadian ISPA pada balita sebanyak 104 kasus, sedangkan pada tahun 2021 sebanyak 228 kasus, artinya ada peningkatan kasus ISPA. Sedangkan pada tahun 2022 yaitu bulan Januari sebanyak 47 kasus, Februari 46 kasus, Maret 79 kasus, sedangkan April sebanyak 56 kasus. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis hubungan pengetahuan ibu dan perilaku merokok anggota keluarga di dalam rumah ddengan kejadian ISPA pada balita di wilayah kerja Puskesmas Sungai Ulin kota Banjarbaru. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cros sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 225 sedangkan sampel sebanyak 70 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan cara wawancara. Analisis data menggunakan uji chi square univariat dan bivariat dimana α < 0,05. Hasil penelitian bahwa sebagian besar balita terkena ISPA sebanyak 38 orang (54,3%), pengetahuan ibu kurang sebanyak 32 orang (45,7%), sedangkan anggota keluarga merokok di dalam rumah sebanyak 37 orang (52,9%). Hasil statistis bahwa ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan (p-value = 0,000) dan perilaku merokok anggota keluarga di dalam rumah (p-value = 0,000) dengan kejadian ISPA pada balita di wilayah kerja Puskesmas Sungai Ulin Kota Banjarbaru. Diharapkan bagi pelayanan kesehatan khususnya perawat agar dapat lebih meningkatkan pemahaman dan kesadaran orang tua mengenai dampak buruk dari perilaku merokok anggota keluarga dalam upaya pencegahan dan penanggulangan ISPA pada balita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kejadian ISPA, Pengetahuan, Perilaku Merokok
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Ahmad Rafi'i
Date Deposited: 15 Aug 2023 05:58
Last Modified: 15 Aug 2023 05:58
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17216

Actions (login required)

View Item View Item