IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMAN 3 DAN SMKN 3 BANJARBARU KALIMANTAN SELATAN

ihsan, Muhammad (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMAN 3 DAN SMKN 3 BANJARBARU KALIMANTAN SELATAN. Masters thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
3761-Article Text-9648-1-10-20230209.pdf

Download (205kB)
[img] Text
ORISINALITAS TESIS.pdf

Download (607kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (577kB)

Abstract

Berbagai permasalahan saat ini dihadapi oleh dunia pendidikan, upaya peningkatan kualitas pendidikan telah dilakukan oleh berbagai kalangan untuk mengatasi masalah tersebut. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) telah menjadi bagian strategi pengembangan, peningkatan mutu, dan kualitas pendidikan. Dengan menerapkan dan melaksanakan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) diharapkan sekolah dapat memberikan perubahan terhadap kualitas pendidikan di semua aspek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) langkah kepala sekolah menyusun rencana kerja dalam upaya mempangaruhi guru dan staf untuk mau bekerja sama agar mau melakukan tindakan dan perbuatan dalam mencapai tujuan bersama, (2) kegiatan kepala sekolah dalam mengimplementasikan rencana kerja, kegiatan evaluasi dan monitoring, dan (3) faktor yang mendukung dan menghambat kepala sekolah dalam memimpin SMAN 3 dan SMKN 3 Banjarbaru. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang berusaha menangkap gejala secara holistik kontekstual melalui pengumpulan data dari subyek yang diteliti sebagai sumber langsung dengan instrumen kunci peneliti sendiri, yaitu peneliti merupakan perencana, pelaksana pengumpulan data, analisis, penafsir data, dan pada akhirnya ia menjadi pelapor hasil penelitiannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penyusunan rencana kerja kepala sekolah dalam upaya membimbing guru dan staf tenaga kependidikan dalam pelaksanaannya melakukan tindakan dalam mencapai tujuan bersama ialah mengimplementasikan manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan berfokus pada segi manajemen perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Implementasi (MBS) dalam meningkatkan mutu pendidikan terhadap kedua Sekolah disamping memperhatikan siswa, juga kepada Wali siswa khususnya yang tergabung dalam komite sekolah. Kepala Sekolah dalam melaksanakan evaluasi dan monitoring terhadap kegiatan secara terpadu pada guru dan tenaga kependidikan serta peserta didik sudah pada posisi yang seharusnya, yakni melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab untuk mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: School-based management, improving the quality of education
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Depositing User: M.Pd Muhammad Ihsan
Date Deposited: 12 Aug 2023 02:44
Last Modified: 12 Aug 2023 02:44
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17299

Actions (login required)

View Item View Item