Penguatan Kapasitas Pelayanan Penyuluh Dalam Rangka Peningkatan Ketahanan Pangan Di Kecamatan Mentewe Kabupaten Tanah Bumbu

Lestari Puji, Rina (2023) Penguatan Kapasitas Pelayanan Penyuluh Dalam Rangka Peningkatan Ketahanan Pangan Di Kecamatan Mentewe Kabupaten Tanah Bumbu. Masters thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Rina Puji Lestari-1.pdf

Download (0B)
[img] Text
Abstrak Rina Puji Lestari-2.pdf

Download (0B)
[img] Text
Abstrak Rina Puji Lestari-3-4.pdf

Download (0B)

Abstract

Pangan adalah kebutuhan dasar manusia paling utama, karena itu pemenuhan pangan merupakan bagian dari hak asasi individu. Pemenuhan pangan juga sangat penting sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Mengingat pentingnya memenuhi kecukupan pangan, setiap negara akan mendahulukan pembangunan ketahanan pangannya sebagai pondasi bagi pembagunan sektor-sektor lainnya. Dalam hal ini diperlukan penguatan kapasitas pelayanan yang baik dalam rangka untuk meningkatkan ketahanan pangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penguatan kapasitas, faktor-faktor pendukung dan penghambat penyuluh yang dilakukan oleh Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Mentewe Kabupaten Tanah Bumbu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Mentewe Kabupaten Tanah Bumbu dengan informan 12 orang pengurus kelompok tani (masyarakat) yang ada dalam wilayah Kecamatan Mentewe Kabupaten Tanah Bumbu dan 9 orang penyuluh baik PNS maupun non PNS yang bertugas dalam wilayah BPP Kecamatan Mentewe Kabupaten Tanah Bumbu. Dalam pemilihan informan, menggunakan metode purposive sampling dan snow ball sampling. Dari hasil penelitian ini dapat diperoleh bahwa Tangibles/Bukti fisik: fasilitas fisik maupun inftasturuktur sudah menunjang penyuluh dalam memberikan pelayanan, Emphaty/Empati: petani sangat mudah mandapatkan pelayanan, Reliability/Keandalan: tidak ada masalah dalam proses pemberian layanan yang dicirikan oleh adanya sosialisasi jika ada bantuan atau program baru, Responsiveness/Kesigapan: belum sepenuhnya berjalan dengan baik, hal ini dikarenakan masih ada penyuluh menangani 2 kampung dengan jumlah pelani yang cukup banyak dan disamping itu lokasi kedua kampung tersebut berjauhan sehingga penyuluh kewalahan dan kurang maksimal dalam memberikan pelayanan, Assurance/Jaminan: mencakup pengetahuan, kemampuan, kesopanan dan sifat dapat dipercaya yang dimiliki pegawai, bebas dari bahaya, resiko, dan keraguraguan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penguatan Kapasitas Pelayanan, Ketahanan Pangan
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Depositing User: Rina Puji Lestari
Date Deposited: 14 Aug 2023 03:00
Last Modified: 14 Aug 2023 03:00
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17343

Actions (login required)

View Item View Item