PELAYANAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BARITO UTARA

GUNAWAN, PUTRI PATIMAH (2023) PELAYANAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BARITO UTARA. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI DAN DAFTRA PUSTAKA.pdf

Download (446kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (294kB)
[img] Text
Surat pernyataan keaslian.pdf

Download (348kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan meganalisis pelayanan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Utara. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Utara serta mengetahui faktor penghambat dan pendukung pelayanan akta kelahiran. Infroman dalam penelitian ini adalah kepala bidang pencatatan sipil kabupaten barito utara, Operator Akta Kelahiran, serta masyarakat yang melakukan pelayanan akta kelahiran. Analisis data menggunakan Model Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan akta kelahiran di Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupatem Barito Utara sudah cukup baik dari segi memberikan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini dilihat dari Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Tangible. Para pegawai sudah cukup handal serta tanggap dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang kurang memahami pelayanan. Bukan hanya itu saja, jaminan bahwa pelayanan akta kelahiran tersebut gratis tidak dikenakan biaya. Empati para pegawai dalam menghadapi keluhan masyarakat dan tidak membedakn masyarakat yang melakukan pelayanan. Serta saran dan prasarana yang mendukung jalannya pelayanan Akta Kelahiran yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pelayanan, Pelayanan Publik, Akta Kelahiran, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Tangible
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Putri Patimah Gunawan
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:10
Last Modified: 30 Aug 2023 03:10
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17431

Actions (login required)

View Item View Item