HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN KEPEMILIKAN SURAT IZIN PRAKTEK DENGAN TENAGA TEKNIS KEFARMASIAN PADA SARANA APOTEK SWASTA DI WILAYAH KOTA BANJARMASIN

Shanty, Rinda (2023) HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN KEPEMILIKAN SURAT IZIN PRAKTEK DENGAN TENAGA TEKNIS KEFARMASIAN PADA SARANA APOTEK SWASTA DI WILAYAH KOTA BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (331kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN PENELITIAN.pdf

Download (437kB)
[img] Text
ABSTRAK_merged.pdf

Download (187kB)

Abstract

Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK) adalah tenaga yang membantu Apoteker dalam menjalani pekerjaan kefarmasian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Kepemilikan Surat Izin Praktek Dengan Tenaga Teknis Kefarmasian Pada Sarana Apotek Swasta Di Wilayah Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah Tenaga Teknis Kefarmasian yang bekerja di sarana Apotek swasta sebanyak 226 orang dengan jumlah sampel 69 orang diperoleh dengan menggunakan Simple Random Sampling. Instrument penelitian adalah kuesioner. Analisis data menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan Tenaga Teknis Kefarmasian (p value = 0,317). Ada hubungan antara sikap dengan Tenaga Teknis Kefarmasian (p value = 0,023). Tidak ada hubungan antara kepemilikan surat izin praktik dengan dengan Tenaga Teknis Kefarmasian (p value = 0,913). Diharapkan tenaga teknis kefarmasian dapat lebih meningkatkan pengetahuan dan sikap dalam pelayanan serta pentingnya memiliki surat izin praktik di sarana tempat kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Kepemilikan Surat Izin Praktik, SIP, TTK, Tenaga Teknis Kefarmasian.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:56
Last Modified: 06 Sep 2023 02:56
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17435

Actions (login required)

View Item View Item