IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERDA KABUPATEN KAPUAS NO.3 TAHUN 2019 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH DI DESA PALINGKAU LAMA KECAMATAN KAPUAS MURUNG

Syahmi, Silvia (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERDA KABUPATEN KAPUAS NO.3 TAHUN 2019 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH DI DESA PALINGKAU LAMA KECAMATAN KAPUAS MURUNG. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (528kB)
[img] Text
Surat Pernyataan.pdf

Download (559kB)

Abstract

Sampah dan limbah telah menjadi permasalahan nasional dan internasional. Masalah sampah bersangkutan dengan bertambahnya penduduk, perubahan pola konsumsi serta pertumbuhan ekonomi penduduk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan Perda Kabupaten Kapuas No.3 tahun 2019 tentang pengelolaan sampah di Desa Palingkau Lama Kecamatan Kapuas Murung serta faktor yang menjadi penghambat implementasi Kebijakan Perda Kabupaten Kapuas No. 3 tahun 2019 tentang pengelolaan sampah di Desa Palingkau Lama Kecamatan Kapuas Murung. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, teknik dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi kepada lima orang informan dengan menggunakan teori Edward III. Teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Komunikasi, Pemerintah Desa telah melaksanakan sosialisasi kepada setiap RT mengenai Perda dan program pengelolaan sampah yang akan dijalankan namun masih belum menyeluruh. Sumber daya, masih belum ada sarana dan prasarana pengelolaan sampah, staf yang bertugas, serta anggaran biaya yang masih belum ada. Disposisi, Pemerintah Desa telah berusaha melaksanakan tugas dan fungsi susuai yang dimiliki setiap pelaksana. Struktur Birokrasi, masih belum ada Standar Operasional Prosedur (SOP) yang digunakan dalam pengelolaan sampah di Desa Palingkau lama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, Pengelolaan Sampah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Silvia Syahmi
Date Deposited: 20 Nov 2023 02:26
Last Modified: 20 Nov 2023 02:26
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17477

Actions (login required)

View Item View Item