Evaluasi Program Angkutan Pelajar Gratis Guna Terciptanya Layanan Transportasi Yang Efektif Oleh Dinas Perhubungan Di Kota Banjarbaru

Adelya, Nurin (2023) Evaluasi Program Angkutan Pelajar Gratis Guna Terciptanya Layanan Transportasi Yang Efektif Oleh Dinas Perhubungan Di Kota Banjarbaru. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
PDF ABSTRAK.pdf

Download (246kB)
[img] Text
PDF Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (162kB)
[img] Text
PDF Lembar Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (159kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai bagaimana evaluasi program angkutan pelajar gratis guna terciptanya layanan transportasi yang efektif pada Dinas Perhubungan di Kota Banjarbaru. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan indikator dari Bridgman & Davis (dalam Akbar & Mohi, 2018). Hasil penelitian menunjukan bahwa evaluasi program angkutan pelajar gratis guna terciptanya layanan transportasi yang efektif oleh Dinas Perhubungan di Kota Banjarbaru sejauh ini telah berjalan dengan baik, namun dalam pelaksanaan nya masih terdapat kekurangan yang terjadi. Seperti indikator input, sarana penunjang kegiatan yaitu jumlah armada belum dapat menunjang semua layanan transportasi Angkutan Pelajar Gratis di Kota banjarbaru. Kemudian pada indikator process dimana dari segi proses perencanaan dan pengguna layanan angkutan pelajar gratis telah berlaksana sesuai dengan semestinya. Untuk indikator output dikatakan berjalan dengan efektif, karena hasil dari kebijakan tersebut dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Indikator outcome dinilai efektif, dilihat dari dampak positif yang diberikan dalam program ini sangat luas. Terdapat faktor penghambat masih kurangnya unit armada yang digunakan dalam program Angkutan Pelajar Gratis dan faktor pendukung seperti dana, keselamatan dan keamanan, dan dukungan orang tua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Kebijakan, Angkutan Pelajar Gratis
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Nurin Adelya
Date Deposited: 28 Aug 2023 05:13
Last Modified: 28 Aug 2023 05:13
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17486

Actions (login required)

View Item View Item