Efektivitas Teknik Role Playing Dalam Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Kecanduan Bermain Game Online Siswa Di Lahan Rawa SMK Kelas X TITL A Banjarbaru

Hidyatullah, Rahmat (2023) Efektivitas Teknik Role Playing Dalam Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Kecanduan Bermain Game Online Siswa Di Lahan Rawa SMK Kelas X TITL A Banjarbaru. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
pengesahan skripsi.pdf

Download (104kB)
[img] Text
pernyataan ke aslian.pdf

Download (99kB)
[img] Text
JUDUL ARTIKEL.pdf

Download (207kB)

Abstract

Kecanduan Bermain Game Online adalah gangguan yang ditimbulkan karena bermain game dengan waktu yang lama dengan merugikan diri sendiri namun juga merugikan orang lain yang ada di sekitarnya. Tujuan penelitian untuk menganalisis tingkat kecanduan bermain game online siswa sebelum dan sesudah dilakukan layanan dan untuk menganalisis tingkat efektivitas strategi layanan konseling kelompok dengan teknik Role Playing, peneliti menggunakan pre-eksperimental design yaitu one-group pretest dan posttest design. Prosedur penelitian pretest-treatment- posttest. pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan menggunakan skala pengukuran melalui angket. Validitas angket menggunakan Pearson Correlation dan reabilitas menggunakan alpha cronbach. Teknik analisis data untuk menganalisis, hasil eksperimen pre test dan post test, peneliti menggunakan hitungan statistik deskriptif, hasil Tinggi tingkat kecanduan bermain game online siswa sebelum dan sesudah dilakukan layanan konseling kelompok dengan teknik Role Playing Rata rata sebelum treatment 254 atau 47%, Dan sesudah dilakukan treatment 224 atau 41%, dari hasil rata rata dapat tergolong rendah. perhitungan uji wilcoxon pada data keseluruhan siswa diperoleh bahwa nilai signifikansi (Sig). Sebesar 0,012 kurang dari 0,05. Hal ini berarti terdapat perbedaan antara hasil pre test dan posttest.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konseling kelompok, Role Playing, Kecanduan Bermain Game Online
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Rahmat Hidayatullah
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:22
Last Modified: 29 Aug 2023 03:22
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17497

Actions (login required)

View Item View Item