SISTEM INFORMASI PERBANDINGAN HARGA RATA-RATA BAHAN POKOK MASYARAKAT DAN GRAFIK KENAIKAN HARGA PADA DINAS PERDAGANGAN KOTA BANJARMASIN BERBASIS WEB

Mita, Melsi (2023) SISTEM INFORMASI PERBANDINGAN HARGA RATA-RATA BAHAN POKOK MASYARAKAT DAN GRAFIK KENAIKAN HARGA PADA DINAS PERDAGANGAN KOTA BANJARMASIN BERBASIS WEB. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Jurnal Melsi Mita.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (247kB)
[img] Text
Keaslian Skripsi.pdf

Download (270kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (124kB)

Abstract

Dinas Perdagangan merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah. Dinas Perdagangan mempunyai tugas melaksanakan sebagian urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan dibidang perdagangan dan pengelolaan pasar. Dinas Perdagangan memiliki susunan organisasi yaitu: Sekretariat, Bidang Perdagangan Luar Negeri, Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Bidang Perlindungan Konsumen dan Pengawasan Perdagangan, Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang, Kelompok Jabatan Fungsional Salah satu tugas dari Dinas Perdagangan adalah mengoordinasikan, membina, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan kebijakan teknis distribusi perdagangan barang kebutuhan pokok dan barang penting, dalam tugas ini pihak yang sudah ditugaskan dari Dinas Perdagangan Kota Banjarmasin melaksanakan survei dengan jadwal dan tempat yang sudah ditentukan, hasil survei berupa hargaharga bahan pokok dari tiap-tiap pedagang dan data tersebut nantinya akan dipergunakan setiap hari untuk mendapatkan nilai rata-rata dari harga yang ada. Untuk mewujudkan suatu sistem yang dapat membantu dan mempermudah menentukan perbandingan harga rata-rata bahan pokok masyarakat secara baik dan sistematis, maka dibuatlah sebuah sistem informasi berbasis website. sistem informasi berbasis web ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) dengan MySQL sebagai sistem database yang akan menyimpan data dengan menggunakan aplikasi XAMPP. Metode Penelitian yang digunakan adalah Metode Waterfall, dalam pendekatan perancangan program agar sesuai dengan kebutuhan user. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dapat diselesaikan dengan membuat sistem informasi perbandingan harga rata-rata bahan pokok masyarakat pada dinas perdagangan kota banjarmasin berbasis web menggunakan penulisan kode pemrograman dilakukan di aplikasi Text Editor yakni Visual Studio Code. Website ini nantinya akan dapat diakses oleh beberapa level user yang sudah ditentukan. Hasil akhir dari penelitian ini diharapkan aplikasi dapat membantu proses penentuan perbandingan harga rata-rata bahan pokok masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Web, Harga Rata-rata, Dinas Perdagangan dan Perindustrian
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Melsi Mita
Date Deposited: 06 Apr 2024 01:53
Last Modified: 06 Apr 2024 01:53
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17519

Actions (login required)

View Item View Item