ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN PEMULIHAN (PMT-P) PADA BALITA STUNTING DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS PASAR PANAS KABUPATEN BARITO TIMUR TAHUN 2022

Ekatni, Wenni (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN PEMULIHAN (PMT-P) PADA BALITA STUNTING DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS PASAR PANAS KABUPATEN BARITO TIMUR TAHUN 2022. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MAB.

[img] Text
Abstract Wenni.pdf

Download (79kB)
[img] Text
Pengesahan Wenni.pdf

Download (123kB)
[img] Text
pernyataan Wenni.pdf

Download (151kB)

Abstract

Stunting di wilayah kerja UPTD Puskesmas Pasar Panas cukup tinggi, jumlah stunting pada periode januari- April 2022 sebanyak 30 kasus. Untuk mengatasi masalah stunting maka dilakukan pemberian makanan tambahan pemulihan (PMT-P). Pentingnya melakukan pemberian makanan tambahan pemulihan (PMT-P) berguna untuk memperbaiki tumbuh kembang pada balita stunting. Tujuan penelitian untuk menganalisis implementasi pemberian makanan tambahan pemulihan pada balita stunting. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif Informan dalam penelitian ini adalah kepala UPTD Puskesmas Pasar Panas, petugas gizi, bidan desa, kader posyandu, dan ibu balita stunting yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, selanjutnya data dianalisis, reduksi hingga sampai kepada penarikan kesimpulan. Hasil Pemberian tambahan pemulihan (PMT-P) sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan standar Operasional Prosesur (SOP) komunikasi. sudah dilaksanakan dengan baik dan melibatkan lintas sektor agar implementasi PMT-P dapat berjalan dengan baik dan dapat diterima oleh masyarakat terutama bagi yang memiliki balita stunting, Sumber daya. sudah tersedia hanya saja memiliki kekurangan di bagian sarana dalam pendistribusian PMT-P, Disposisi. dilakukan rutin setiap 3 bulan sekali baik dari dinas kesehatan maupun dari petugas kesehatan di puskesmas. Struktur Birokrasi, p embagian tim sudah ada akan tetapi baru di puskesmas saja dan belum melibatkan lintas sektor, untuk tugas sudah dibagikan sesuai dengan masing-masing program. Saran kepada ibu balita stunting untuk lebih rajin mengikuti posyandu rutin bulanan agar dapat memantau tumbuh kembang balita melalui pengukuran tinggi badan dan berat badan dengan teratur serta setiap posyandu balita akan diberikan makanan tambahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan, PMT-P, Balita, Stunting
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Wenni Ekatni
Date Deposited: 30 Aug 2023 05:03
Last Modified: 30 Aug 2023 05:03
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17548

Actions (login required)

View Item View Item