“Evaluasi Kebijakan Bupati Tabalong Tentang BUM Desa Dari Perspektif Sosial Dan Ekonomi (Studi Kasus Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Di Desa Masingai II Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong)”

Badarudin, Akhmad (2023) “Evaluasi Kebijakan Bupati Tabalong Tentang BUM Desa Dari Perspektif Sosial Dan Ekonomi (Studi Kasus Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Di Desa Masingai II Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong)”. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
keaslian.pdf

Download (217kB)
[img] Text
artikrl.pdf

Download (109kB)
[img] Text
lembar pengesahan (2).pdf

Download (296kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk menganalisa dan memperoleh diskrispi khusus Keberhasilan Kebijakan Bupati Tabalong tentang BUM Desa dari Perspektif Sosial dan Ekonomi (Studi Kasus Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Di Desa Masingai II Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong). Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang mana pendekatan penelitiannya dilakukan secara kualitatif untuk sumber data dipilih secara purposive sampling serta teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa Kebijakan Bupati Tabalong Tentang BUM Desa dari Perspektif Sosial dan Ekonomi (Studi Kasus Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) di Desa Masingai II Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong) telah berhasil dilaksanakan. Hal itu dapat diketahui berdasarkan teori William N. Dunn melalui lima indikator penilaian, yaitu efektifitas, efesiensi, kecukupan, perataan, responsivitas serta ketepatan, bahwa baik dari perspektif sosial hadirnya BUM Desa mampu memberikan perubahan sikap yang positif bagi masyarakat Masingai II, serta dari perspektif ekonomi hadirnya BUM Desa mampu memberikan lapangan pekerjaan, meningkatkan nilai jual produk, dan meningkatnya pendapatan masyarakat Desa Masingai II

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Kebijakan, Peraturan Bupati Tabalong tentang Bumdes, Perspektif Sosial dan Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Akhmad Badarudin
Date Deposited: 01 Sep 2023 03:28
Last Modified: 01 Sep 2023 03:28
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17589

Actions (login required)

View Item View Item