Fatwa DSN MUI No. 77/DSN-MUI/V/2010 Tentang Jual Beli Emas Secara Tidak Tunai (Studi Analisis Pandangan Ekonom Syariah di Kalimantan Selatan Pada Organisasi MES, IAEI, FORDEBI, KPMI, Masyarakat Tanpa Riba)

Aprilia, Nor (2023) Fatwa DSN MUI No. 77/DSN-MUI/V/2010 Tentang Jual Beli Emas Secara Tidak Tunai (Studi Analisis Pandangan Ekonom Syariah di Kalimantan Selatan Pada Organisasi MES, IAEI, FORDEBI, KPMI, Masyarakat Tanpa Riba). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (230kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (505kB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan perbedaan pendapat oleh kalangan ulama kontemporer hingga pakar ekonomi syariah terkait hukum transaksi jual beli emas secara tidak tunai di masyarakat, termasuk putusan fatwa DSN MUI yang mana bertentangan dengan pendapat mayoritas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengambilan sampel snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan, pertama DSN MUI dalam menetapkan Fatwa No. 77/DSN-MUI/V/2010 menggunakan konsep ‘urf, dan maslahah mursalah, berdasarkan telah hilangnya kebiasaan masyarakat dalam menjadikan emas sebagai uang resmi, serta bahwa transaksi ini mengandung maslahat untuk mempermudah masyarakat dalam hal kepemilikan emas. Kedua, dari pandangan ekonom syariah terkait hukum transaksi jual beli emas secara tidak tunai dapat dibagi menjadi tiga, yaitu: 1) mutlak boleh, berdasarkan Fatwa DSN MUI, 2) boleh dengan syarat, dibagi dua: a) boleh tidak tunai dari segi pembayaran dan penyerahan barang dengan syarat emas diketahui jelas 4 kriteria, b) boleh tidak tunai dari segi penyerahan saja dengan syarat dapat diserah terimakan secara langsung atau diwakilkan, dan 3) mutlak haram, berdasarkan jelas dan tegasnya hadits yang melarang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli Emas; Ekonom Syariah; Konsep Fatwa; Tidak Tunai dari Segi Pembayaran dan Penyerahan Barang
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Nor Aprilia
Date Deposited: 02 Oct 2023 05:10
Last Modified: 02 Oct 2023 05:10
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17593

Actions (login required)

View Item View Item