PENYELESAIAN TINDAK PIDANA PENCURIAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK BERDASARKAN UNDANGUNDANG NOMOR 11 TAHUN 2012 TENTANG SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK

wardana, batara (2023) PENYELESAIAN TINDAK PIDANA PENCURIAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK BERDASARKAN UNDANGUNDANG NOMOR 11 TAHUN 2012 TENTANG SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
cov abs daf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
pernyataan orisinalitas.pdf

Download (112kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (112kB)

Abstract

Fenomena kenakalan remaja, atau kejahatan anak-anak sering (yang sering juga disebut dengan : juvenile deliquency) di Indonesia akhir-akhir ini menunjukan gejala yang sangat mengkhawatirkan. Pencurian adalah orang yang mengambil benda atau barang milik orang lain secara diam-diam untuk dimiliki. Tindak pidana pencurian yang dilakukan oleh anak akan diberlakukan peraturan perundang-undangan yang berlaku yaitu Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap anak sebagai pelaku tindak pidana dalam sistem peradilan anak di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Anak Nomor 35 Tahun 2014, untuk mengetahui penyelesaian tindak pidana pencurian anak melalui Non Litigasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunkan hukum normatif. Hasil penelitian ini bahwa perlindungan Hukum yang diberikan kepada anak dibawah umur sebagai pelaku tindak pidana ditinjau dari Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 merupakan perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 yang mengatur tentang Perlindungan Anak. Ketentuan tentang Keadilan Restoratif di tegaskan di dalam pasal 5 dan ketentuan tentang Diversi diatur dalam pasal 6 sampai dengan pasal 15 UndangUndang Sistem Peradilan Pidana Anak. Diversi pada prinsipnya bagian cara penyelesaian perkara yang telah menyatu dalam kehidupan masyarakat Indonesia dalam bentuk musyawarah dan mufakat, Tujuan program diversi sebagai upaya mewujudkan restorative justice mengandung aspek-aspek nilai dasar tentang kemanusiaan, kerjasama dan perdamaian, untuk menghindari stigma pada anak, sebagai wujud tanggung jawab dan kasih sayang orang tua dalam bimbingan anak, merupakan wujud peran serta masyarakat (kebersamaan) dalam dukungan pembinaan anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penyelesaian Tindak Pidana, Pencurian Anak, Sistem Peradilan Anak.
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 04 Sep 2023 06:27
Last Modified: 04 Sep 2023 06:27
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17609

Actions (login required)

View Item View Item