PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KARYA CIPTA KAOS OFFICIAL MERCHANDISE GRUP BAND DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA

Saputra, Wira Adiyatma (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KARYA CIPTA KAOS OFFICIAL MERCHANDISE GRUP BAND DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (139kB)
[img] Text
Lembar Keaslian.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Jurnal Wira Adiyatma 2023_removed.pdf

Download (192kB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada dua rumusan masalah, yaitu bagaimana perlindungan hukum terhadap karya cipta merchandise berupa kaos official band menurut undang-undang nomor 28 tahun 2014 tentang hak cipta dan bagaimana upaya penyelesaian hukum apabila terjadi pelanggaran hukum atas tindakan pembajakan merchandise menurut undang-undang nomor 28 tahun 2014 tentang hak cipta. Penelitian ini merupakan studi hukum yang bersifat normatif dengan fokus pada penelitian hukum (Legal Research). Metode yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan studi kepustakaan (Library Research), dan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemerintah memberikan perlindungan hukum terhadap pemegang hak cipta desain kaos merchandise resmi dari grup band sesuai dengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang hak cipta. Menurut undang-undang tersebut, karya seni rupa dalam berbagai bentuk seperti lukisan, gambar, ukiran, kaligrafi, seni pahat, patung, atau kolase termasuk dalam kategori ciptaan yang mendapatkan perlindungan hukum. Dalam konteks ini, desain kaos merchandise resmi dari band juga dianggap sebagai salah satu bentuk seni rupa gambar. Namun, yang menjadi perhatian adalah bahwa pencipta tidak diwajibkan untuk melakukan pencatatan resmi terhadap karyanya, meskipun pencatatan tersebut dapat menjadi bukti yang kuat dalam kasus pelanggaran hak cipta. Oleh karena itu, solusi yang diusulkan adalah pemerintah sebaiknya mengharuskan pencipta karya untuk melakukan pendaftaran atau pencatatan resmi terhadap karyanya agar mendapatkan perlindungan hukum yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Hak Cipta, Kaos Official Merchandise Grup Band
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Wira Adiyatma Saputra
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:21
Last Modified: 08 Sep 2023 02:21
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17633

Actions (login required)

View Item View Item