HUBUNGAN PERSONAL HYGIENE DAN SANITASI LINGKUNGAN RUMAH DENGAN KEJADIAN PENYAKIT SCABIES DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ALALAK SELATAN

Hardi, Rezeki Wijayanti (2023) HUBUNGAN PERSONAL HYGIENE DAN SANITASI LINGKUNGAN RUMAH DENGAN KEJADIAN PENYAKIT SCABIES DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ALALAK SELATAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (338kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (75kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (77kB)

Abstract

Scabies merupakan penyakit kulit menular yang termasuk dalam kelompok penyakit lingkungan yang disebabkan oleh tungau sarcoptes scabiei. Di Kota Banjarmasin tercatat kasus scabies sebanyak 4.489 kasus yang terkena penyakit scabies. Hasil laporan dari Puskesmas Alalak Selatan Kota Banjarmasin di tahun 2021 terdapat 119 kasus scabies, di tahun 2022 mengalami peningkatan kasus terdapat 414 kasus scabies dan tahun 2023 pada Januari s/d April terdapat 94 kasus scabies. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan personal hygiene dan sanitasi lingkungan rumah dengan kejadian penyakit scabies diwilayah kerja Puskesmas Alalak Selatan. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik, dan jenis penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional.. Sampelnya adalah 94 orang. Penelitian instrumental menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi. Hasil analisis uji statistik penelitian menemukan bahwa terdapat hubungan personal hygiene dengan kejadian penyakit scabies dengan p-value=0,000 (p<0,05), dan ada hubungan sanitasi lingkungan rumah dengan kejadian penyakit scabies dengan p-value=0,000 (p<0,05). Diharapkan kepada puskesmas agar dapat melakukan penyuluhan di wilayah kerja puskesmas alalak selatan guna mencegah penularan penyakit scabies dan memberikan obat atau salep untuk masyarakat yang datang ke puskesmas untuk berobat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Scabies, Personal Hygiene. Sanitasi Lingkungan Rumah
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Rezeki Wijayanti Hardi
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:31
Last Modified: 11 Sep 2023 03:31
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17636

Actions (login required)

View Item View Item