TINJAUAN YURIDIS TENTANG KEDUDUKAN HUKUM PARA PIHAK DALAM PERJANJIAN PENGADAAN BARANG DAN JASA ALAT KESEHATAN BERDASARKAN PERATURAN PRESIDEN NOMOR 16 TAHUN 2018

HIDAYAT, MUHAMMAD REZEKI (2023) TINJAUAN YURIDIS TENTANG KEDUDUKAN HUKUM PARA PIHAK DALAM PERJANJIAN PENGADAAN BARANG DAN JASA ALAT KESEHATAN BERDASARKAN PERATURAN PRESIDEN NOMOR 16 TAHUN 2018. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
pengesahan SKRIPSI.pdf

Download (145kB)
[img] Text
orisinalitas.pdf

Download (25kB)
[img] Text
Jurnal M Rezeki Hidayat_removed.pdf

Download (130kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengadaan barang dan jasa serta peran dan kedudukan hukum para pihak yang terlibat dalam perjanjian pengadaan tersebut. Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 mengatur proses pengadaan barang dan jasa oleh pemerintah dengan tujuan memberikan nilai manfaat yang maksimal dan meningkatkan penggunaan produk dalam negeri. Dalam perjanjian pengadaan barang dan jasa, penting untuk memahami konsep-konsep manajemen yang universal dan mempertimbangkan aspek hukum dan teknis yang kompleks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedudukan hukum para pihak dalam pengadaan barang dan jasa didasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018. Para pihak yang terlibat antara lain pengguna anggaran, kuasa pengguna anggaran, pejabat pembuat komitmen, pejabat pengadaan, dan penyedia. Etika pengadaan barang dan jasa diatur dalam peraturan tersebut, yang mengharuskan semua pihak mematuhi prinsip-prinsip etika seperti melaksanakan tugas dengan tertib dan tanggung jawab, bekerja secara profesional, menghindari pertentangan kepentingan, dan menghindari penyalahgunaan wewenang. Dengan mematuhi etika pengadaan barang dan jasa, diharapkan tercipta integritas, transparansi, dan kepastian dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami aspek yuridis perjanjian pengadaan barang dan jasa serta memberikan landasan untuk pengembangan format kontrak perjanjian yang ideal sesuai dengan kebutuhan dan perlindungan hukum bagi para pihak yang terlibat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kedudukan hukum, Perjanjian pengadaan, Alat kesehatan
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Muhammad Rezeki Hidayat
Date Deposited: 15 Sep 2023 03:12
Last Modified: 15 Sep 2023 03:12
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17678

Actions (login required)

View Item View Item