TANGGUNG JAWAB HUKUM TERKAIT HUKUMAN YANG DIBERIKAN GURU DALAM PENEGAKKAN DISIPLIN SEKOLAH BERDASARKAN UNDANG- UNDANG NOMOR 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN

Ansari, Nuridha (2023) TANGGUNG JAWAB HUKUM TERKAIT HUKUMAN YANG DIBERIKAN GURU DALAM PENEGAKKAN DISIPLIN SEKOLAH BERDASARKAN UNDANG- UNDANG NOMOR 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
1 - Cover Abstrak Daftar Pustaka - Nuridha Ansari.pdf

Download (614kB)
[img] Text
2 - Pernayataan Orisinalitas - Nuridha Ansari.pdf

Download (126kB)
[img] Text
3 - Pengesahan Pembimbing - Nuridha Ansari.pdf

Download (51kB)

Abstract

Guru dan murid merupakan elemen dalam mendukung terciptanya kegiatan belajar dan mengajar. Kebijakan pemerintah menetapkan UndangUndang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen memberikan kewenangan kepada pemerintah dan pemerintah daerah dalam melindungi guru salah satunya adalah perlindungan hukum. Penelitian ini difokuskan pada 2 rumusan masalah, Bagaimana perlindungan hukum terhadap guru terkait hukuman yang diberikan guru dalam penegakkan disiplin sekolah berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dan Bagaimana pertanggung jawaban hukum terhadap guru terkait hukuman yang diberikan guru dalam penegakkan disiplin sekolah berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Tujuan penelitian yaitu Untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap guru, dan Untuk mengetahui pertanggung jawaban hukum terhadap guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif. Sumber data terdiri dari data primer sekunder dan tersier. Teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pengaturan hukum tentang perlindungan guru yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dan Keharusan diberlakukannya pembaruan kebijakan tentang perlindungan guru. Saran dari penelitian Sosialisasi serta edukasi perlu dijalankan dalam perlindungan terhadap guru, dan Di dalam aturan yang baru nantinya harus tercantum mengenai bagaimana peran pemerintah dalam memberikan bantuan hukum kepada guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Depositing User: Nuridha Ansari
Date Deposited: 14 Sep 2023 02:33
Last Modified: 14 Sep 2023 02:33
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17697

Actions (login required)

View Item View Item