IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER SENI BELA DIRI TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KERJA KERAS DI MI MUHAMMADIYAH 3 AL-FURQAN BANJARMASIN

DANDI, DANDI (2023) IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER SENI BELA DIRI TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KERJA KERAS DI MI MUHAMMADIYAH 3 AL-FURQAN BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Dandi.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Pengesahan Dandi.pdf

Download (297kB)
[img] Text
Pernyataan Dandi.pdf

Download (53kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi ekstrakurikuler seni bela diri tapak suci Putera Muhammadiyah dalam pembentukan karakter kerja keras di MI Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi ekstrakurikuler seni bela diri tapak suci Putera Muhammadiyah dalam pembentukan karakter kerja keras di MI Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan objek kepala sekolah, pelatih dan siswa. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display, dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber untuk memperoleh keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi ekstarakurikuler seni bela diri tapak suci Putera Muhammadiyah dalam pembentukan karakter kerja keras di MI Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin dilakukan dengan: 1) Tahap perencanaan, peserta latihan berkumpul di tempat upacara pembukaan, membentuk barisan barjajar yang dipimpin oleh pelatih atau kader setelah itu pelatih mempersiapkan fasilitas untuk latihan, 2) Tahap pelaksanaan, yaitu peserta latihan disiapkan oleh pemimpin kelompok, 3) Tahap evaluasi, hormat Tapak Suci, kemudian sikap duduk berdo’a dan berdo’a, setelah itu lalu berdiri dan hormat Tapak Suci. Kemudian membaca bismilahirahmanirrahim bersama-sama dan acara latihan selesai barisan dibubarkan. Faktor pendukung implementasi ekstrakulikuler seni bela diri tapak suci Putera Muhammadiyah dalam pembentukan karakter kerja keras di MI Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin yaitu pelatih sesuai bidangnya, keterlibatan orang tua siswa dan siswi yang mendukung dalam proses pelaksanaan maupun pembentukan karakter anak. Faktor penghambat implementasi ekstrakulikuler seni bela diri tapak suci Putera Muhammadiyah dalam pembentukan karakter kerja keras di MI Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin yaitu cuaca yang tidak mendukung, kesibukan orang tua, fasilitas yang tidak mendukung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Tapak Suci, Kerja Keras
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 14 Sep 2023 05:01
Last Modified: 14 Sep 2023 05:01
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17703

Actions (login required)

View Item View Item