PENGARUH MODAL DAN PEMBIAYAAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PADA BANK WAKAF MIKRO AL HIJRAH CINDAI ALUS DI MARTAPURA

NAJMINA, NURUL (2023) PENGARUH MODAL DAN PEMBIAYAAN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PADA BANK WAKAF MIKRO AL HIJRAH CINDAI ALUS DI MARTAPURA. Masters thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (334kB)
[img] Text
Pernyataan.pdf

Download (230kB)
[img] Text
artikel jurnal Nurul Najmina(1)_removed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Modal Dan Pembiayaan Bank Wakaf Mikro Syariah terhadap perkembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) pada Bank Wakaf Mikro Al Hijrah Cindai Alus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuesioner dan wawancara dalam pengumpulan data serta dengan menggunakan regresi linier berganda dalam menganalisis data. Sampel yang digunakan sebanyak 105 responden dari 143 nasabah yang terdaftar aktif di bank wakaf mikro. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari penelitian lapangan. Variabel dalam penelitian ini adalah modal (X1), pembiayaan (X2).) dan perkembangan UMKM (Y). Hasil analisis ujit menunjukkan bahwa modal berpengaruh signifikan terhadap perkembangan UMKM. dimana dari hasil uji t pada modal yaitu t-hitung > t-tabel sebesar 3.234 1.659 sehingga variabel independen Modal berpengaruh terhadap variabel dependen Perkembangan UMKM dan signifikan bernilai 0.002 < 0.05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Pembiayaan juga berpengaruh signifikan terhadap perkembangan UMKM karena hasil uji t pada pembiayaan t-hitung sebesar 7.066 > t-tabel 1.659 dan signifikan sebesar 0,000 <0,05sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Secara bersamaan atau simultan diketahui F hitung atau F statistik sebesar 27.383 sedangkan nilai F tabel 3.09. Berdasarkan data tersebut diketahui bahwa F hitung > F tabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya secara bersama-sama Modal (X1) dan Pembiayaan (X2) berpengaruh terhadap Perkembangan UMKM (Y). Sehingga hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima (terbukti).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan; Modal; Perkembangan UMKM
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Nurul Elmi
Date Deposited: 30 Sep 2023 02:50
Last Modified: 30 Sep 2023 02:50
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17712

Actions (login required)

View Item View Item