TANGGUNG JAWAB RUMAH SAKIT TERHADAP KERUGIAN YANG DIDERITA OLEH PASIEN AKIBAT TINDAKAN TENAGA MEDIS DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT GUSTI HASAN AMAN BANJARMASIN

Abdurrahman, Abdurrahman (2023) TANGGUNG JAWAB RUMAH SAKIT TERHADAP KERUGIAN YANG DIDERITA OLEH PASIEN AKIBAT TINDAKAN TENAGA MEDIS DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT GUSTI HASAN AMAN BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Rahman.pdf

Download (79kB)
[img] Text
PENGESAHAN ABDURRAHMAN.pdf

Download (107kB)
[img] Text
PERNYATAAN ABDURRAHMAN.pdf

Download (126kB)

Abstract

Rumah sakit bertanggungjawab atas kerugian pasien akibat kelalaian tenaga kesehatan yang dapat menimbulkan implikasi lebih lanjut bagi pihak rumah sakit, tenaga kesehatan maupun bagi pasien. Penelitian ini difokuskan pada dua masalah, yaitu apa saja faktor yang mempengaruhi tanggung jawab rumah sakit terhadap kerugian yang diderita oleh pasien akibat tindakan tenaga medis dan bagaimana tanggung jawab rumah sakit tersebut sesuai dnegan UU No. 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. Penelitian ini merupakan penelitian studi empiris, yang bersifat kualitatif deskriftif. Subjek penelitian ini adalah tenaga medis di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Gusti Hasan Aman Banjarmasin, Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa: (1) Faktor yang mempengaruhi tanggung jawab rumah sakit terhadap kerugian yang diderita oleh pasien akibat tindakan tenaga medis di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Gusti Hasan Aman Banjarmasin ada dua yaitu akibat dari kelalain tenaga medis dan juga akibat dari kelalaian pasien, kelalain dari tenaga medis diakibatkan karena tidak sesuai SOP dan juga akibat kelelahan, sedangkan kelalaian dari pasien sendiri adalah karena tidak mengikuti anjuran dari tenaga medis, (2) Tanggung jawab rumah sakit terhadap kerugian yang diderita oleh pasien akibat tindakan tenaga medis berdasarkan UU No. 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit ada dua yaitu tindakan hukum berupa pidana pancabutan ijin tenaga medis dan juga wanprestasi berupa ganti rugi material kepada pasien sesuai dengan kerugian yang dirasakan pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tanggungjawab, Rumah Sakit, Kerugian, Pasien, Tindakan Medis
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Abdurrahman
Date Deposited: 14 Sep 2023 05:05
Last Modified: 14 Sep 2023 05:05
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17716

Actions (login required)

View Item View Item