HUBUNGAN KEPATUHAN PENGGUNAAN HANDSCOON DENGAN INSIDEN KECELAKAAN KERJA PADA PERAWAT DI RUANG KEPERAWATAN RUMAH SAKIT UMUM DR. R. SOEHARSONO BANJARMASIN

WINARSIH, ARUM (2023) HUBUNGAN KEPATUHAN PENGGUNAAN HANDSCOON DENGAN INSIDEN KECELAKAAN KERJA PADA PERAWAT DI RUANG KEPERAWATAN RUMAH SAKIT UMUM DR. R. SOEHARSONO BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Fix.pdf

Download (98kB)
[img] Text
keaslian tulisan.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (39kB)

Abstract

Tenaga medis perawat merupakan tenaga yang berkerja di rumah sakit dan berhadapan langsung resiko kecelakaan kerja. Berdasarkan data dari PPI rumah sakit di dapatkan tahun 2019-2020 ada 15 perawat yang pernah tertusuk jarum, 10 orang teriris pecahan ampul. Penelitian ini bertujuan Menganalisis Hubungan kepatuhan penggunaan Handscoon dengan insiden kecelakaan kerja pada perawat di Ruang Keperawatan Rumah Sakit Umum Dr. R. Soeharsono Banjarmasin 2022. Metode penelitian yang digunakaan adalah survei analitik dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Populasi semua perawat Rawat inap yang berjumlah 76 orang. Teknik pengambilang Total Sampel. Instrument penelitian menggunakan kuesioner dan teknik analisis data dengan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar perawat patuh dalam menggunakan handscoon sebanyak 60 orang (78,9%) dan 64 orang (84,2%) tidak pernah mengalami insiden kecelakaan kerja. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa p<a, maka Ha diterima yang artinya ada hubungan kepatuhan penggunaan handscoon dengan insiden kecelakaan kerja perawat Rumah Sakit Dr. R. Soeharsono Banjarmasin dengan hasil (p=0,000). Disarankan agar RS memberikan penghargaan bagi perawat yang mematuhi peraturan K3 dan membuat prosedur pencatatan dan pelaporan kecelakaan kerja terutama kejadian near miss tertusuk jarum suntik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan, handscoon, insiden kecelakaan, perawat
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Arum Winarsih
Date Deposited: 27 Sep 2023 05:15
Last Modified: 27 Sep 2023 05:15
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17811

Actions (login required)

View Item View Item