TINJAUAN DESAIN PONDASI JEMBATAN SUNGAI MANTUIL (Studi Kasus : Jembatan Tembus Mantuil 10 Kelurahan Mantuil, Kota Banjarmasin)

SatyaNagara, Gusti Muhammad Andhika (2023) TINJAUAN DESAIN PONDASI JEMBATAN SUNGAI MANTUIL (Studi Kasus : Jembatan Tembus Mantuil 10 Kelurahan Mantuil, Kota Banjarmasin). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
absrak indo & daftar pustaka.pdf

Download (37kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (554kB)
[img] Text
Peryataan Asli Skripsi.pdf

Download (497kB)

Abstract

Jembatan merupakan konstruksi bangunan sipil yang mempunyai peran yang sangat penting terutama bagi daerah yang banyak melewati aliran sungai seperti di Kalimantan selatan. Peran tersebut bisa dilihat dari fungsi jembatan sebagai penunjang sarana penghubung darat. Salah satunta dibangun Jembatan yang berlokasi di Sungai Mantuil Kelurahan Mantui Kota Banjarmasin. Tujuan penelitian akhir ini untuk mengetahui perhitungan ulang dengan menghitung pembebanan Struktur atas jembatan, menghitung nilai daya dukung pondasi dan penurunan tiang. Pondasi yang digunakan pada pembangunan Jembatan yang berlokasi di Sungai Mantuil adalah pondasi tiang pancang berdiameter 40 cm. perhitungan daya dukung tiang tunggal menggunakan metode Mayerhoff berdasarkan nilai N-SPT, dari hasil perhitungan diketahui nilai daya dukung tunggal sebesar 396,6726 Ton. Perhitungan daya dukung Tiang kelompok menggunakan metode Converse-Labbare, dari hasil perhitungan diketahui nilai effisiensi tiang kelompok sebesar 83,6 % kemudian didapatkan nilai daya dukung tiang kelompok sebesar 3316,183 Ton. Penurunan pondasi tiang tunggal menggunakan Metode Semi Empiris dari hasil perhitungan diketahui nilai penurunan tiang tunggal sebesar 0,038 m dan penurunan tiang kelompok menggunakan metode Vesic diketahui nilai penurunan tiang kelompok sebesar 0,095 m dengan penurunan yang diizinkan sebesar 0,04 m.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Daya Dukung, Pondasi Tiang Pancang, Metode Mayerhoff, Data N-SPT, Penurunan Pondasi
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Gusti Muhammad Andhika Satyanagara
Date Deposited: 04 Oct 2023 05:34
Last Modified: 04 Oct 2023 05:34
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17842

Actions (login required)

View Item View Item