EFEKTIVITAS PERATURAN DAERAH KABUPATEN BARITO KUALA NOMOR 3 TAHUN 2018 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH MENURUT PERSPEKTIF SOSIOLOGI HUKUM

Rasyifin, Ahmad (2023) EFEKTIVITAS PERATURAN DAERAH KABUPATEN BARITO KUALA NOMOR 3 TAHUN 2018 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH MENURUT PERSPEKTIF SOSIOLOGI HUKUM. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
file pdf abstrak.pdf

Download (185kB)
[img] Text
lembar pengesahan skripsi - Ahmad Rasyifin.pdf

Download (1MB)
[img] Text
pernyataan keaslian skripsi.pdf

Download (890kB)

Abstract

Faktor yang menjadi latarbelakang penulis dalam mengangkat permasalahan ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Peraturan Daerah Kabupaten Barito Kuala Nomor 3 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Sampah dari sudut pandang sosiologi hukum khususnya teori efektivitas hukum yang mencakup faktor kaidah hukum, penegak hukum, sarana atau fasilitas dan kesadaran masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Peraturan Daerah Kabupaten Barito Kuala Nomor 3 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Sampah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang penulis dapatkan berasal dari hasil observasi kelapangan, melakukan wawancara dengan instansi terkait dan mengumpulkan dokumen yang relevan dengan judul penelitian penulis. Data yang didapatkan kemudian di rangkum, dikumpulkan dan dipilih data yang tidak diperlukan, lalu data disajikan agar memudahkan mencari pokok-pokok temuan sehingga mudah dipahami dan peneliti dapat menarik kesimpulan. Selanjutnya data yang sudah diolah dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: Peraturan Daerah Kabupaten Barito Kuala Nomor 3 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Sampah masih belum efektif dalam mengatur permasalahan pengelolaan sampah khususnya di Kelurahan Handil Bakti, yang disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari tidak adanya peraturan kepala daerah yang menjelaskan lebih detil perda tersebut, penegak hukum yang belum maksimal dalam melaksanakan amanat perda, sarana atau fasilitas yang belum memadai dan kesadaran hukum masyarakat yang masih rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peraturan Daerah, Pengelolaan Sampah, Sosiologi Hukum.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Ahmad Rasyifin
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:16
Last Modified: 02 Oct 2023 03:16
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17909

Actions (login required)

View Item View Item