ANALISIS DAN PENGENDALIAN RESIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PROYEK PRESERVASI JALAN SP. HANDIL BAKTI (SP. SERAPAT) - KM 17 (BY PASS BANJARMASIN) DENGAN MENGGUNAKAN METODE HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESSMENT, RISK CONTROL (HIRARC)

Hutapea, Monica Caecaria (2023) ANALISIS DAN PENGENDALIAN RESIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PROYEK PRESERVASI JALAN SP. HANDIL BAKTI (SP. SERAPAT) - KM 17 (BY PASS BANJARMASIN) DENGAN MENGGUNAKAN METODE HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESSMENT, RISK CONTROL (HIRARC). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu elemen di dalam SMK3 adalah manajemen resiko yang bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab dan potensi kecelakaan kerja sebagai acuan dalam melakukan tindakan mengurangi resiko, salah satunya adalah metode HIRARC. Berdasarkan observasi lapangan pada pada Proyek Preservasi Jalan Sp. Handil Bakti (Sp. Serapat) Km. 17 Kota Banjarmasin, terdapat beberapa potensi bahaya yang dapat membahayakan para pekerja. Hal ini terlihat dari banyak penggunaan alat berat pada proyek tersebut. Oleh karena itu perlu dilakukan analisa secara detail tentang potensi bahaya dan pengendalian resiko K3 agar dapat meminimalkan potensi bahaya bagi para pekerja tersebut. Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi bahaya, penilaian resiko dan pengendalian resiko adalah dengan menggunakan metode HIRARC. Dari hasil analisi diketahui bahwa dari 48 item pekerjaan yang diamati pada Proyek Preservasi Jalan Sp. Handil Bakti (Sp. Serapat) – Km 17 (By Pass Banjarmasin), terdapat 45,833% (22 item) pekerjaan yang memiliki kategori extreme high risk (resiko sangat tinggi), 47,917% (23 item) pekerjaan yang memiliki kategori high risk (resiko tinggi) dan 6,250% (tiga item) pekerjaaan memiliki kategori medium risk (resiko sedang). Setelah dilakukan pengendalian resiko, terjadi penurunan tingkat resiko yaitu 37,50% (18 item) pekerjaaan yang memiliki kategori medium risk (resiko sedang) dan 62,50% (30 item) pekerjaan yang memiliki kategori low risk (resiko rendah), sehingga tidak ada lagi item pekerjaan yang memiliki resiko sangat tinggi dan resiko tinggi..

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode HIRARC, Identifikasi Bahaya, Penilaian Resiko dan Pengendalian Resiko.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Monica Caecaria Hutapea
Date Deposited: 30 Sep 2023 02:34
Last Modified: 30 Sep 2023 02:34
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17914

Actions (login required)

View Item View Item