IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA BANJARMASIN NO.18 TAHUN 2016 MENGENAI PENGURANGAN PENGGUNAAN KANTONG PLASTIK OLEH PEDAGANG DI KOTA BANJARMASIN

AKBAR, YUSUF (2023) IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA BANJARMASIN NO.18 TAHUN 2016 MENGENAI PENGURANGAN PENGGUNAAN KANTONG PLASTIK OLEH PEDAGANG DI KOTA BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Yusuf Akbar_CovAbsDaf.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Orisinalitas.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (108kB)

Abstract

Kota Banjarmasin adalah salah satu kota di Indonesia yang membuat peraturan larangan penggunaan plastik di toko-toko besar. Melalui kebijakan Peraturan Walikota Banjarmasin Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik sejauh ini mampu mengurangi konsumsi penggunaan kantong plastik. Tujuan dari penellitian skripsi ini adalah untuk bagaimana penerapan peraturan walikota Banjarmasin Nomor 18 Tahun 2016 mengenai Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik di Kota Banjarmasin dan Faktor Kendala. Penelitian ini merupakan penelitian Hukum Kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk kendala apa yang dihadapi tentang Peraturan Walikota Banjarmasin Nomor 18 Tahun 2016 mengenai Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik di Kota Banjarmasin. Menurut hasil dari penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa : Pertama, Penerapan peraturan walikota Banjarmasin Nomor 18 Tahun 2016 mengenai Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik di Kota Banjarmasin belum sangat efektif walau tidak lepas dari kendala kendala yang masih harus diperbaiki. Indikator bahwa implementasi kebijakan Peraturan Walikota Banjarmasin Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik. Peran BLH sangat penting. Aparatur pelaksana bisa mengetahui tugas, fungsi dan perannya masing-masing dan mengetahui isi jelas dari implementasi kebijakan Peraturan Walikota Banjarmasin Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik sehingga dapat menyosialisasikan dan mengimplementasikan kebijakan. Kedua, Kendala yang dihadapi tentang Peraturan Walikota Banjarmasin Nomor 18 Tahun 2016 mengenai Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik di Kota Banjarmasin adalah dari Faktor sumber daya dan perangkat organisasi implementor sudah memadai namun belum maksimal dari segi jumlah staf yang dimiliki oleh Badan Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin dalam memantau langsung implementasi kebijakan Peraturan Walikota Banjarmasin Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik kemudian dalam rangka menciptakan partisipasi aktif masyarakat untuk ikut mengawasi peraturan ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peraturan, Kantong Plastik, Pedagang
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Yusuf Akbar
Date Deposited: 02 Oct 2023 04:03
Last Modified: 02 Oct 2023 04:03
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17918

Actions (login required)

View Item View Item