PENGGUNAAN FITUR SHOPEE VIDEO SEBAGAI MEDIA MENDAPATKAN KEUNTUNGAN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS DI BANJARMASIN UTARA)

Safitri, Alia Putri (2023) PENGGUNAAN FITUR SHOPEE VIDEO SEBAGAI MEDIA MENDAPATKAN KEUNTUNGAN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS DI BANJARMASIN UTARA). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
SURAT PENGESAHAN DEKAN DAN DOSPEM.pdf

Download (377kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (235kB)

Abstract

Salah satu aplikasi yang sedang ramai digunakan sekarang adalah Shopee. Shopee menyediakan berbagai fitur yang disediakan untuk mengundang minat konsumen, salah satu fiturnya yaitu Shopee Video, dimana Fitur tersebut menawarkan pendapatan bagi pengguna Shopee yang menonton video pada fitur tersebut. Dalam penggunaannya fitur Shopee Video belum dapat dipastikan sudah sesuai dengan etika bisnis Islam, dari permasalahan tersebut penulis tertarik untuk meneliti lebih dalam lagi bagaimana penggunaan fitur Shopee Video sebagai media mendapatkan keuntungan dalam perspektif etika bisnis islam. Pada rumusan masalah penulis mengangkat terkait penggunaan fitur Shopee Video sebagai media mendapatkan keuntungan dan penggunaan fitur Shopee Video sebagai media mendapatkan keuntungan dalam perspektif etika bisnis islam. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan (field research) yaitu penulis langsung melakukan observasi dan wawancara terkait bagaimana penggunaan fitur Shopee Video sebagai media mendapatkan keuntungan. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyimpulkan: pertama, agar bisa mendapatkan keuntungan dari fitur Shopee Video para pengguna diarahkan untuk menjalankan misi menonton video, check-in, dan meng-upload video sendiri sebagai konten kreator untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak. Ketika semua misi berhasil dilakukan pengguna akan mendapatkan keuntungan langsung berupa saldo bonus yang bisa digunakan untuk berbelanja di aplikasi Shopee. Kedua, dalam penerapan etika bisnis islam fitur Shopee Video telah memenuhi empat prinsip yaitu, prinsip philantrophy, prinsip altruism, prinsip common sense, dan prinsip good profit namun tidak memenuhi pada prinsip barokah cost. Dan pada prinsip etika bisnis Islam dalam bisnis online, e-commerce dan, marketplace, fitur Shopee Video belum memenuhi syarat dikarenakan masih terdapat konten yang melanggar syariat, terdapat musik, error yang diakibatkan pihak Shopee hingga berakhir pada ketidakpercayaan para pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Fitur, Shopee Video, Mekanisme, Etika Bisnis Islam
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Alia Putri Safitri
Date Deposited: 23 Dec 2023 01:43
Last Modified: 23 Dec 2023 01:43
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17921

Actions (login required)

View Item View Item