UPAYA PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MELALUI PENDEKATAN HUMANISTIK PADA SISWA MTS AL-IKHWAN BANJARMASIN

sari, Ira Iriani Indah (2023) UPAYA PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MELALUI PENDEKATAN HUMANISTIK PADA SISWA MTS AL-IKHWAN BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)
[img] Text
KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (222kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (284kB)

Abstract

Proses pembelajaran, banyak siswa yang masih mengalami masalah dalam bidang belajar, salah satunya iyalah mereka kurang menguasai cara belajar yang efektif sehingga banyak siswa yang masih merasakan kegagalan dalam proses belajar yang mempengaruhi pada prestasi belajar mereka, dan siswa mengatkan bahwa ada kebingungan dalam memahami materi pembelajaran, pada saat guru menjelaskan mereka lebih banyak diam pada saat tidak memahami meteri sehingga membuat mereka tertinggal mamahami pelajaran itu lah salah satu yang membuat mereka cendrung menunda-nunda tugasnya yang berpengaruh pada nilai prestasi belajar mereka. Metode penelitian kualitatif ini menggunakan metode studi kasus (case studi) studi ini dimaksutkan untuk mengungkapkan dan memahami kenyataan-kenyataan yang terjadi dilapangan sebagaimana adanya, secara intersif, mendalam, detail dan komprehensif. Hasil Penelitian prestasi belajar siswa Mts Al-Ikhwan BanjarmasinAdapun yang terjadi di Mts Al-Ikhwan Banjarmasin siswa banyak yang merasa tidak ada yang meyemangai serta memebrikan motivasi kepada nya serta beberapa siswa merasa tidak memiki kepercayaan diri dengan kemampunnya. Dari penelitian yang telah di teliti maka dapat dikatakan penelitian sejalan dengan teori.upaya peranan guru bimbingan dan konseling melalui pendekatan humanistik terhadap prestasi belajar siswa Mts Al-Ikhwan Banjarmasin. Adapun yang terjadi di Mts Al-Ikhwan upaya guru bimbingan dan konseling melalui pendekatan humanistik adalah dengan cara memberikan pemahaman kepada siswa membantu siswa mnyadari akan kemampuannya, menyakinkan siswa bahwa setiap siswa memiliki kemampuan dalam prestasi belajrnya dan meminta siswa agar membentuk prtasi belajr nya dengan cara yang dia mau dan itu akan di pertanggung jawabka serta di evaluasi lagi sehingga guru BK dapat mengarahkan siswa. Dari penelitian yang telah di teliti maka dapat dikatakan penelitian sejalan dengan teori.Faktor penghambatnya salah satunya adalah siswa tidak mudah terbuka, dan tidak semua siswa mudah mau diberikan layanan, dan disini guru BK baru karena sebelumnya disini tidak ada guru BK jadi harus banyak mendekatkan diri dengan siswa. Harus memberikan pemahaman kembali mengenai bimbingan dan konseling disekolah karena sebagaian siswa salah paham kepada guru BK banyak siswa yang beranggapan bahwa guru BK adalah polisi sekolah, yang kerjaannya mejaria siswa, memerahi siswa. Serta ada beberapa guru lain yang tidak senang dengan BK disekolah karena di anggap terlalu baik dengan siswa, padal itu menjadi cara guru BK untuk melakukan pendektan humanistik, sedangkan guru lain inginnya guru BK memarahi atau lebih tegas dengan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling, Prestasi belajar, Pendekatan Humanistik
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: Ira Iriani Indah Sari
Date Deposited: 02 Oct 2023 01:08
Last Modified: 02 Oct 2023 01:08
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17923

Actions (login required)

View Item View Item