TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENGELOLAAN UANG KAS ARISAN SEBAGAI SIMPAN PINJAM ANTAR ANGGOTA (Studi Kasus Komplek Kelapa Sawit Sungai Besar Banjarbaru)

Aslamiyah, Rina Dayanti (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENGELOLAAN UANG KAS ARISAN SEBAGAI SIMPAN PINJAM ANTAR ANGGOTA (Studi Kasus Komplek Kelapa Sawit Sungai Besar Banjarbaru). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (110kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (250kB)

Abstract

Sudah menjadi kodrat manusia yang diciptakan Allah untuk saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya. Supaya mereka saling tolong menolong, tukar menukar kebutuhan dalam segala urusan kepentingan hidup,baik dengan jalan jual beli, sewa-menyewa, hutang piutang, bercocok tanam atau dengan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik pengelolaan uang kas arisan yang dijadikan sebagai simpan pinjam antar anggota mengetahui tinjauan hukum islam terhadap praktik simpan pinjam antar anggota (Studi Kasus Komplek Kelapa Sawit Sungai Besar Banjarbaru Selatan). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dan deskriptif dengan melakukan wawancara terhadap beberapa informan yang mengetahui lebih dalam mengenai arisan di Komplek Kelapa Sawit.Berdasarkan hasil yang diperoleh disimpulkan bahwa Arisan bersyarat di jalan Kelapa Sawit merupakan salah satu kegiatan sosial yang di dalamnya terdapat beberapa anggota dan wajib untuk membayar setiap bulannya sampai para anggota telah mendapatkan haknya dan dalam arisan tersebut disertai wajib simpan pinjam yang di dalam simpan pinjam tersebut terdapat persyaratan penambahan pengembalian simpan pinjam berdasarkan ketentuan yang ada. Dan dilihat dari segi hukum Islam berdasarkan syarat-syarat dan larangannya, arisan di Komplek Kelapa Sawit masuk dalam kategori haram karena adanya arisan simpan pinjam dimana adanya tambahan bunga untuk pengembalian uang yang dipinjam. Dikatakan haram karena tidak sesuai dengan syarat dan rukun qardh, serta syarat pengembalian simpan pinjam wajib dilebihkan dan berdasarkan ketentuan pengelola arisan karena penambahan tersebut dapat dikatakan sebagai riba dan riba diharamkan dalam agama Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Arisan, Hukum Islam, Simpan pinjam, uang kas
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Rina Dayanti Aslamiyah
Date Deposited: 03 Oct 2023 01:06
Last Modified: 03 Oct 2023 01:06
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17931

Actions (login required)

View Item View Item