ANALISIS PERENCANAAN ALAT UKUR KEBISINGAN SEPEDA MOTOR BERDASARKAN ROTASI PER MENIT (RPM) DAN JUMLAH UNIT KENDARAAN DI BENGKEL PUTERA SANDAGA KANDANGAN

Syahbani, Rifardi Wahyu (2023) ANALISIS PERENCANAAN ALAT UKUR KEBISINGAN SEPEDA MOTOR BERDASARKAN ROTASI PER MENIT (RPM) DAN JUMLAH UNIT KENDARAAN DI BENGKEL PUTERA SANDAGA KANDANGAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
pengesahan skripsi.pdf

Download (534kB)
[img] Text
pernyataan ke aslian skripsi.pdf

Download (497kB)

Abstract

Perencanaan dari alat kebisingan ini akan banyak membantu dalam hal mengetahui dari tingkat kebisingan kendaran dari segi kenalpot karena saat kebisingan tersebut terjadi akan berakibat pada kebisingan pada jalan raya. Penggunakan alat ini dapat membantu lalu lintas yang ada di jalan raya sehingga kebisingan dijalan raya dapat dikurangi dan keuntungannya adalah menghindari gangguan orang-orang dijalan tidak bising terlalu bising lagi. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui proses perencanaan alat ukur kebisingan sepeda motor berdasarkan rotasi per menit (RPM) dan jumlah unit kendaraan di bengkel Putera Sandaga Kandangan. Untuk mengetahui hasil uji fungsional alat ukur kebisingan sepeda motor yang telah selesai di bengkel Putera Sandaga Kandangan. Untuk mengetahui kendala yang terjadi dalam proses perencanaan alat ukur kebisingan sepeda motor berdasarkan rotasi per menit (RPM) dan jumlah unit kendaraan di bengkel Putera Sandaga Kandangan. Metode penelitian ini dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan cara penelitian lapangan. Alat yang dirancang adalah dengan Sound Level Meter (SLM) analog. Pengolahan data dengan observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses perencanaan alat ukur kebisingan sepeda motor dengan cara pemetaan area kebisingan yang harus diambil karena tercampur dengan kendaraan lain yang lalu lalang. Hasil uji fungsional alat ukur kebisingan sepeda motor yang telah selesai dibuat di bengkel Putera Sandaga Kandangan, hasil penelitian bahwa tingkat kebisingan dari ukuran kendaraan bahwa hasil rata-rata adalah 80,1 Db. Kendala yang terjadi dalam proses perencanaan alat ukur kebisingan sepeda motor masalah dari yang dihadapi adalah cara melakukan pengukuran tersebut terkadang kurang strabil dan berakibat pada masalah tingkat pengukuran karena alat yang digunakan adalah buatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Depositing User: Rifardi Wahyu Syahbani
Date Deposited: 04 Oct 2023 05:15
Last Modified: 04 Oct 2023 05:15
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17968

Actions (login required)

View Item View Item