Analisis Pemasaran Ternak Kerbau Rawa (Bubalus bubalis carabauesis) Di Desa Bararawa Kecamatan Paminggir Kabupaten Hulu Sungai Utara Provinsi Kalimantan Selatan

Sari, Anita (2023) Analisis Pemasaran Ternak Kerbau Rawa (Bubalus bubalis carabauesis) Di Desa Bararawa Kecamatan Paminggir Kabupaten Hulu Sungai Utara Provinsi Kalimantan Selatan. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
FORMAT ARTIKEL ABSTRAK PDF REPOSITORY.pdf

Download (15kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (501kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PLAGIAT SKRIPSI REPOSITORY.pdf

Download (430kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mempelajari karakteristik lembaga-lembaga pemasaran ternak kerbau, saluran pemasaran, margin pemasaran dan farmer share pemasaran ternak kerbau di Desa Bararawa Kecamatan Paminggir Kabupaten Hulu Sungai Utara. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni sampai Agustus 2022. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penarikan sample peternak dengan menggunakan kaidah penelitian minimal 10% dari populasi, sedangkan sampel pedagang pengumpul, pedagang pengecer dan pedagang besar ditentukan dengan metode sensus serta konsumen ditentukan dengan accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data primer dan sekunder. Teknik yang digunakan adalah teknik wawancara yang dibantu oleh kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga pemasaran ternak kerbau yang terlibat di Desa Bararawa Kecamatan Paminggir Kabupaten Hulu Sungai Utara ada 4 yaitu Peternak, pedagang Pengumpul, Pedagang Besar dan Pedagang Pengecer yang berperan menyalurkan produk sampai ke konsumen akhir. Berdasarkan hasil penelitian di Desa Bararawa memiliki empat Saluran Pemasaran, yaitu Saluran Pemasaran I (Peternak, Konsumen), Saluran Pemasaran II (Peternak, Pedagang Besar, Konsumen); Saluran Pemasaran III (Peternak, Pedagang Pengumpul, Pedagang Besar, Konsumen), Saluran Pemasaran IV (Peternak, Pedagang Pengumpul, Pedagang Besar, Pedagang Pengecer dan Konsumen. Margin pemasaran terkecil terdapat pada saluran II dengan rasio keuntungan yang diterima peternak sebesar 83,60%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kerbau rawa, saluran pemasaran, margin pemasaran dan farmer share
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Depositing User: Sri Wahyuni
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:33
Last Modified: 06 Oct 2023 03:33
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17981

Actions (login required)

View Item View Item