IMPLEMENTASI YURIDIS TENTANG PEMBINAAN NARAPIDANA TERHADAP OVER KAPASITAS DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA BANJARMASIN

RIVALUDDIN, MUHAMMAD ARIF (2023) IMPLEMENTASI YURIDIS TENTANG PEMBINAAN NARAPIDANA TERHADAP OVER KAPASITAS DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
FILE PDF ABSTRAK.pdf

Download (136kB)
[img] Text
FILE PDF LEMBAR PENGESAHAN (RIVAL).pdf

Download (285kB)
[img] Text
FILE PDF LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI BERMATERAI (RIVAL).pdf

Download (261kB)

Abstract

Over kapasitas mengakibatkan adanya gangguan dalam proses pembinaan narapidana di Lapas Kelas IIA Banjarmasin yang berpotensi mengakibatkan hambatan dan kurang optimalnya pembinaan yang diberikan dan menjadikan tujuan dan fungsi terbentuknya Lembaga Pemasyarakatan menjadi tidak berjalan dengan baik. Skripsi ini bertujuan untk mengetahui bagaimana implementasi pembinaan narapidana dalam kondisi over kapasitas yang dialami Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banjarmasin dan dampak apa saja yang ditimbulkan akibat over kapasitas terhadap pembinaan narapidana serta upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi masalah over kapasitas di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris dengan melakukan Teknik pengumpulan data melalui wawancara (interview) dan pengamatan/ observasi, kemudian diolah dan dianalisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembinaan yang dilakukan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banjarmasin dilaksanakan dengan sistem pemasyarakatan berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan dan Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pembinaan dan Pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan. Dampak yang ditimbulkan akibat kelebihan kapasitas narapidana di Lapas Kelas IIA Banjarmasin menyebabkan kurangnya pengawasan terhadap narapidana sehingga menimbulkan terganggunya pembinaan narapidana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lembaga Pemasyarakatan, Pembinaan Narapidana, over Kapasitas.
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: M. Arif Rivaluddin
Date Deposited: 11 Oct 2023 03:07
Last Modified: 11 Oct 2023 03:07
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17985

Actions (login required)

View Item View Item