IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN LALU LINTAS DAN TINDAKAN KESELAMATAN LALU LINTAS (RUAS JALAN Ir. P. M. NOOR)

Wahdini, Aulia (2023) IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN LALU LINTAS DAN TINDAKAN KESELAMATAN LALU LINTAS (RUAS JALAN Ir. P. M. NOOR). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak dan daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (293kB)
[img] Text
Keaslian skripsi.pdf

Download (214kB)

Abstract

Jalan merupakan infrastruktur yang sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan. Di Indonesia sendiri, perluasan infrastruktur jalan telah banyak dilakukan baik di wilayah pedesaan maupun perkotaan. Dalam pembangunan infrastruktur jalan, penekanannya tidak hanya pada fungsi penghubung wilayah saja, namun juga pada keselamatan pengguna jalan untuk mencegah kecelakaan lalu lintas. Kemungkinan penyebab kecelakaan lalu lintas antara lain: Contoh: faktor lalu lintas, lingkungan, pengemudi, dan lainnya. Pada penelitian ini dilakukan identifikasi faktor penyebab kecelakaan lalu lintas beserta tindakan keselamatan lalu lintas pada ruas jalan IR. PM. Noor. Identifikasi faktor penyebab dan tindakan keselamatan lalu lintas dilakukan berdasarkan data kecelakaan lalu lintas yang saling berkaitan dengan hasil observasi lapangan seperti pengamatan kondisi jalan, kelengkapan fasilitas jalan dan lainnya menggunakan metode Matriks Haddon dan Accident Rate. Dari Hasil penelitian yang dilakukan Faktor Manusia menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas paling tinggi yakni sebesar 95.65 % atau 22 kasus dari jumlah total 23 kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi dari tahun 2016 sd 2020 sedangkan Faktor Lingkungan menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas paling sedikit yakni sebesar 4.35 % atau 1 kasus dari jumlah total 23 kasus , Waktu rawan terjadi kecelakaan yaitu pada pukul 06.00-12.00 dan 12.00-18.00, Jenis kecelakaan yang sering terjadi antara lain depan-depan, depan-belakang, dan samping-samping.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jalan, Faktor Penyebab Kecelakaan, Keselamatan Lalu Lintas
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Aulia Wahdini
Date Deposited: 06 Oct 2023 01:07
Last Modified: 06 Oct 2023 01:07
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/17995

Actions (login required)

View Item View Item