IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN BARITO KUALA NOMOR 3 TAHUN 2018 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH DI KABUPATEN BARITO KUALA

Sari, Febriati Atika (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN BARITO KUALA NOMOR 3 TAHUN 2018 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH DI KABUPATEN BARITO KUALA. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (592kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (363kB)
[img] Text
Surat pernyataan keaslian skripsi.pdf

Download (263kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Kabupaten Barito Kuala Nomor 3 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Sampah di Kabupaten Barito Kuala dan faktor penghambatnya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara kepada 6 orang informan. Hasil penelitian menunjukkan dalam pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Barito Kuala Nomor 3 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Sampah di Kabupaten Barito Kuala masih kurang baik dilihat dari : (1) Hal ini disebabkan karena dari segi komunikasi, sosialisasi terkait dengan peraturan yang ada masih kurang optimal sehingga kebanyakan masyarakat masih belum mengetahui bahwa ada peraturan yang mengatur tentang pengelolaan sampah dan mengakibatkan kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap pengelolaan sampah. Dari segi sumber daya, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Barito Kuala masih kekurangan sumber daya manusia lebih tepatnya personil lapangan pengangkut sampah dan terbatasnya dana anggaran yang mengakibatkan masih terbatasnya pengadaan sarana dan prasarana pendukung seperti truck armada pengangkut sampah. Dari segi disposisi, sikap dari pihak pelaksana sudah menunjukkan komitmen, kejujuran, dan sifat demokratis yang baik dalam pelaksanaan kebijakan peraturan yang ada. Dari segi struktur birokrasi, adanya SOP terkait dengan pengelolaan sampah di Kabupaten Barito Kuala dan fragmentasi yang melibatkan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Barito Kuala, kecamatan, serta masyarakat. (2) Faktor penghambat terdiri dari tidak optimalnya kegiatan sosialisasi, rendahnya kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah, terbatasnya anggaran yang mengakibatkan terbatasnya penyediaan sarana dan prasarana, serta kurangnya sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, Pengelolaan Sampah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Febriati Atika Sari
Date Deposited: 07 Oct 2023 02:39
Last Modified: 07 Oct 2023 02:39
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18008

Actions (login required)

View Item View Item