KEPATUHAN SYARIAH TERHADAP FATWA DSN-MUI NO.107/DSN-MUI/X/2016 TENTANG PEDOMAN PENYELENGGARAAN RUMAH SAKIT BERDASARKAN PRINSIP SYARIAH (STUDI KASUS PADA RSUD BRIGJEND H HASAN BASRY KANDANGAN DAN RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG BANJARBARU)

Indriani, Novia (2023) KEPATUHAN SYARIAH TERHADAP FATWA DSN-MUI NO.107/DSN-MUI/X/2016 TENTANG PEDOMAN PENYELENGGARAAN RUMAH SAKIT BERDASARKAN PRINSIP SYARIAH (STUDI KASUS PADA RSUD BRIGJEND H HASAN BASRY KANDANGAN DAN RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG BANJARBARU). Masters thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
file pdf abstrak.pdf

Download (111kB)
[img] Text
file pdf pengesahan.pdf

Download (16MB)
[img] Text
file pdf pernyataan keaslian skripsi.pdf

Download (16MB)

Abstract

Kalimantan Selatan telah memiliki dua rumah sakit berdasarkan prinsip syariah, yaitu RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan dan Rumah Sakit Islam Sultan Agung Banjarbaru yang juga telah diakui oleh DSN-MUI dengan adanya sertifikat syariah. Sehingga faktor yang melatarbelakangi penulis melakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Kepatuhan Syariah Terhadap Fatwa DSN-MUI No.107/DSN-MUI/X/2016 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Rumah Sakit Berdasarkan Prinsip Syariah dengan fokus Studi Kasus Pada RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan dan Rumah Sakit Islam Sultan Agung Banjarbaru. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana praktik penyelenggaraan rumah sakit berdasarkan prinsip syariah pada RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan dan Rumah Sakit Islam Sultan Agung Banjarbaru? Bagaimana kesesuaian praktik penyelenggaraan rumah sakit berdasarkan prinsip syariah pada RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan dan Rumah Sakit Islam Sultan Agung Banjarbaru dengan Fatwa DSN-MUI No.107/DSN-MUI/X/2016? Metodologi penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskripsi analisis, dengan sumber data yang berasal dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa praktik penyelenggaraan rumah sakit berdasarkan prinsip syariah pada kedua rumah sakit tersebut telah terlaksana sepenuhnya meskipun masih kurang maksimal dalam hal ikhtilat dan pemberian materi edukasi Islami. Kesesuaian praktik penyelenggaraan rumah sakit berdasarkan prinsip syariah pada RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan dan Rumah Sakit Islam Sultan Agung Banjarbaru dengan Fatwa DSN-MUI No.107/DSN-MUI/X/2016 juga telah sesuai secara menyeluruh, sehingga sertifikat syariah yang diberikan oleh DSN-MUI memang patut untuk diberikan kepada kedua rumah sakit tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Fatwa DSN-MUI, RSI Sultan Agung Banjarbaru, RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan, Rumah Sakit Berdasarkan Prinsip Syariah.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
K Law > K Law (General)
Depositing User: Novia Indriani
Date Deposited: 27 Feb 2024 02:03
Last Modified: 27 Feb 2024 02:03
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18068

Actions (login required)

View Item View Item